Chrome Pointer
Home » » Pengertian PING Dalam Jaringan LAN dan Internet

Pengertian PING Dalam Jaringan LAN dan Internet


Pengertian PING dalam jaringan LAN merupakan suatu cara untuk mengetahui apakah suatu host/komputer kita terkoneksi dengan komputer lain atau tidak. Bila komputer kita terkoneksi dengan komputer lain, maka kita dapat melakukan sharing data dengan mudah. Cara melakukan PING dalam jaringan LAN :
  • Tekan tombol Windows + R
  • Ketik ping alamat IP target misal ping 192.168.1.1
  • Tambahkan -t untuk menampilkan ping terus menerus, bila Anda tidak menyertakan -t maka ping yang ditampilkan hanya sampai 4 kali
  • Atau Anda juga bisa mengetik cmd pada menu Run, kemudian tekan perintah yang sama seperti di atas bila jendela command prompt sudah terbuka
  • Untuk menghentikan ping jika Anda menyertakan -t tekan Ctrl + C
PING dalam jaringan Internet pengertiannya hampir sama dengan PING dalam jaringan LAN. Namun, cakupannya lebih luas. Bila komputer kita terhubung ke internet maka kita dapat melakukan ping ke Facebook/Google/Yahoo maupun jaringan LAN. Tetapi bila komputer kita tidak terhubung ke jaringan internet, maka kita hanya bisa melakukan ping dalam jaringan LAN saja. Lebih jelasnya PING dalam jaringan Internet merupakan suatu cara untuk mengetahui apakah suatu host/komputer kita terhubung dengan server di internet atau tidak. Cara melakukan PING dalam jaringan Internet hampir sama seperti melakukan PING dalam jaringan LAN. Bedanya Anda hanya mengubah pada alamat IP target menjadi alamat website/blog. Misal ping www.facebook.com -t.

Beberapa pesan yang tampil ketika melakukan PING :
  • Request time out => server/komputer lain terlalu lama merespon permintaan komputer kita.
  • Reply from => komputer kita terhubung dengan server di internet/komputer lain di jaringan LAN.
  • Destination host unreachable => kabel internet terlepas atau bisa juga komputer kita terkena netcut yang ditandai ada tanda seru kuning di dekat icon speaker sebelah kanan bawah. Bisa juga koneksi sedang trouble.
  • General failure => koneksi terputus dari jaringan LAN maupun internet atau komputer kita tidak terkoneksi dengan jaringan LAN maupun internet.

Ditulis Oleh : Kharisma Adzana ~ Admin

Remaja Sampit Anda sedang membaca artikel tentang Pengertian PING Dalam Jaringan LAN dan Internet. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya. Terima kasih...

Share artikel ke: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg

2 komentar:

  1. bagus gan, nambah wawasan ane tentang jaringan (y)

    ReplyDelete
  2. Jadi tambah mengerti ini mas maksud dari kode yang kita ping,selama ini orang hanya menggunakannya saja tapi belum paham maksud dari apa yang diketikkannya sewaktu di cmdnya :)

    ReplyDelete

Pembaca yang baik setidaknya meninggalkan komentar

Peraturan dalam berkomentar :

- Berkomentarlah sesuai artikel yang sedang dibahas
- Gunakan bahasa yang baik dan sopan
- NO PORN, NO SARA, NO SPAM
- Gunakan Name/URL atau OpenID untuk mencantumkan link blog Anda
- Dilarang keras melakukan promosi barang ataupun jasa. Disini bukanlah Forum Jual Beli

Bagi yang melanggar peraturan di atas maka komentarnya tidak akan dipublikasikan.

Peraturan dapat berubah sewaktu-waktu.

LintasMe - Kumpulan Ringkasan Berita Unik Terkini Berjiwa Muda