Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian PING Dalam Jaringan LAN dan Internet


Pengertian PING dalam jaringan LAN merupakan suatu cara untuk mengetahui apakah suatu host/komputer kita terkoneksi dengan komputer lain atau tidak. Bila komputer kita terkoneksi dengan komputer lain, maka kita dapat melakukan sharing data dengan mudah. Cara melakukan PING dalam jaringan LAN :

- Tekan tombol Windows + R
- Ketik ping alamat IP target misal ping 192.168.1.1
- Tambahkan -t untuk menampilkan ping terus menerus
- Atau Anda juga bisa mengetik cmd pada menu Run, ketik ping google.com -t
- Untuk menghentikan ping jika Anda menyertakan -t tekan Ctrl + C

PING dalam jaringan Internet pengertiannya hampir sama dengan PING dalam jaringan LAN. Namun, cakupannya lebih luas. Bila komputer kita terhubung ke internet maka kita dapat melakukan ping ke Facebook/Google/Yahoo maupun jaringan LAN. Tetapi bila komputer kita tidak terhubung ke jaringan internet, maka kita hanya bisa melakukan ping dalam jaringan LAN saja. Lebih jelasnya PING dalam jaringan Internet merupakan suatu cara untuk mengetahui apakah suatu host/komputer kita terhubung dengan server di internet atau tidak. Cara melakukan PING dalam jaringan Internet hampir sama seperti melakukan PING dalam jaringan LAN. Bedanya Anda hanya mengubah pada alamat IP target menjadi alamat website/blog. Misal ping www.facebook.com -t.

Beberapa pesan yang tampil ketika melakukan PING :

Request Time Out (RTO)
Request Time Out adalah ketika Komputer server tidak merespon permintaan koneksi dari client setelah beberapa lama (jangka waktu timeout bervariasi). Biasanya terjadi karena adanya firewall, koneksi rendah dan koneksi terputus atau tidak terkoneksi. Cara mengatasi check kembali penulisan IP, check kembali pemasangan kabel, matikan firewall, dan check koneksi jaringan computer.

Destination Host Unreachable (DHU)
Destination Host Unreachable terjadi jika host, jaringan, port atau protokol tertentu tidak dapat dijangkau atau masih mencari. Jika menemui pesan "destination host unreachable" maka ada beberapa masalah yang harus diperbaiki seperti kabel jaringan LAN Card atau Wireless USB kemungkinan tidak terhubung atau rusak, HUB/Switch tidak terhubung atau rusak, status LAN masih "Disable".

Reply
Reply adalah salah satu program yang digunakan untuk mengecek komunikasi antar komputer dalam sebuah jaringan melalui protokol TCP/IP. Reply akan mengirimkan Internet Control Message Protocol (ICMP) Echo Request messages pada ip address komputer yang dituju dan meminta respons dari komputer tersebut.

3 komentar untuk "Pengertian PING Dalam Jaringan LAN dan Internet"

  1. bagus gan, nambah wawasan ane tentang jaringan (y)

    BalasHapus
  2. Jadi tambah mengerti ini mas maksud dari kode yang kita ping,selama ini orang hanya menggunakannya saja tapi belum paham maksud dari apa yang diketikkannya sewaktu di cmdnya :)

    BalasHapus