Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Ubuntu LTS dan Ubuntu Non LTS

Sekali mendengar kata Ubuntu sebagian orang pasti berpikiran tentang LTS atau non LTS. Apa itu LTS dan apa itu non LTS?? Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya Ubuntu itu dibagi menjadi 2 macam menurut masa dukungannya yaitu Ubuntu LTS dan non LTS.

Lalu apa yang dimaksud dengan LTS??
Nah, LTS sendiri merupakan singkatan dari Long Term Support (dukungan jangka panjang) yang dirilis tiap 2 tahun sekali. Label LTS disini mengindikasikan bahwa versi Ubuntu tersebut akan mendapat support dari developer selama 3 tahun.

Terus perbedaan dengan non LTS itu apa ??
Seperti yang sudah saya jelaskan di atas bahwa Ubuntu versi LTS akan mendapat support dari para developer selama 3 sampai 5 tahun. Lain halnya dengan non LTS, masa dukungan untuk versi non LTS hanya mencapai 18 bulan. Tetapi hal tersebut bukan berarti non-LTS tidak bisa dipakai melebihi 18 bulan, hanya saja non-LTS memiliki kemampuan yang tidak stabil dibandingkan dengan versi LTS.

Perbedaan Ubuntu LTS dan Ubuntu Non LTS

Versi apa saja yang termasuk Ubuntu LTS??
Berikut ini list dari Ubuntu LTS beserta codenamenya :
  • Ubuntu 6.06 LTS   (Dapper Drake)
  • Ubuntu 8.10 LTS   (Intrepid Ibex)   
  • Ubuntu 10.04 LTS (Lucid Lynx)
  • Ubuntu 12.04 LTS (Precise Pangolin)
  • Ubuntu 14.04 LTS (Trusty Tahr)
Dari list di atas, versi manakah yang masih disupport sampai sekarang ??
Menurut beberapa sumber di internet, versi LTS yang masih disupport sampai sekarang hanyalah Ubuntu 12.04 LTS dan Ubuntu 14.04 LTS. Akan tetapi, saya sarankan untuk memakai Ubuntu 14.04 LTS karena ada pembaruan fitur di versi tersebut yang tidak ada di Ubuntu 12.04 LTS.

ubuntu


Apakah ada versi LTS terbaru yang akan dirilis di tahun 2016 ini ??
Seharusnya sih ada kalau melihat history dari versi sebelumnya. Versi-versi sebelumnya dirilis tiap 2 tahun sekali. Nah ini sudah sampai 2 tahun, kemungkinan sebentar lagi akan ada perilisan versi terbaru dari Ubuntu LTS.

1 komentar untuk "Perbedaan Ubuntu LTS dan Ubuntu Non LTS"