Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan UC Browser

Kenyamanan berselancar di dunia maya sangat diutamakan. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor konektivitasnya, peramban (browser) yang dipakai, atau bisa jadi karena perangkat pengguna. Namun, kali ini saya tidak akan membahas semua faktor yang ada. Pembahasan ini fokus pada peramban (browser). Apakah Anda pernah mencoba UC Browser? Jika belum, saya sarankan untuk mencobanya. Kenapa? Karena browser ini memiliki fitur khusus yang saya sukai daripada browser lain. Apa saja kelebihan UC Browser? Apakah browser ini juga memiliki kekurangan?

Tentu saja masing-masing browser pasti memiliki keunggulan dan kekurangan. Tergantung selera pengguna ingin memilih browser yang mana. Akan tetapi tidak ada salahnya juga mencoba UC Browser. Seperti pepatah jawa mengatakan, bahwa “witing tresna jalaran saka kulina”. Yang artinya, awal jatuh cinta dimulai dari kebiasaan. Dimulai dari coba-coba memakai UC Browser dan seiring berjalannya waktu mungkin Anda akan jatuh cinta dengan browser ini. Tapi, percobaan ini hanya berlaku untuk hal-hal positif demi kenyamanan Anda berselancar di dunia maya.

UC Browser For PC

Apa kelebihannya? Pertama, UC Browser memakai engine chromium (project opensource dari Google) bagi para pengembang (developer). Pengembang bebas memakai source code chromium untuk mengembangkan aplikasi, salah satunya dalam bentuk browser. Engine chromium ini juga merupakan otak (core) pengembangan browser Google Chrome yang terkenal cepat membuka halaman web. Maka dari itu, kelebihan Google Chrome turun ke UC Browser yang memberikan efek pemuatan halaman web jadi lebih cepat. Pengaturan di UC Browser juga mirip dengan pengaturan di Google Chrome. Jadi, untuk Anda yang sudah familiar menggunakan Google Chrome, pasti akan mudah mengenali menu atau fitur pada UC Browser.

Kelebihan kedua yaitu UC Browser sudah include Add-On atau Ekstensi pemblokiran iklan. Di menu pengaturan terdapat tab Ad Block yang fungsinya memblokir iklan pada halaman web. Namun sayangnya, terkadang Ad Block bawaan gagal memblokir iklan-iklan tertentu. Anda harus menambahkan sendiri ekstensi Ad Block pihak ketiga. Kelebihan selanjutnya ada di fitur konektivitas. UC Browser memiliki fitur Virtual Wi-Fi atau Wi-Fi Direct. Mirip seperti fungsi software Connectify, yaitu untuk menyebarkan kembali bandwith dari wireless atau ethernet. Sederhananya, semacam membuat hotspot area.

UC Browser
Virtual WiFi atau WiFi Direct pada UC Browser
Fitur ini sangat cocok bagi Anda ketika terkoneksi di jaringan WiFi.ID. Ketika membeli satu voucher WiFi.ID untuk login, maka perangkat lain tidak bisa login dengan ID yang sama sebelum perangkat yang terhubung logout. Anda bisa memanfaatkan fitur Virtual Wi-Fi dari UC Browser agar perangkat lain dapat terhubung. Tentunya juga menghemat uang. Hehee.... Caranya bagaimana?? Coba Anda lihat di sebelah menu pencarian UC Browser, tepatnya di sebelah kanan tombol kaca pembesar (tombol search). Klik pada icon Virtual Wi-Fi. Lalu muncul jendela baru, klik Turn on UC Free WiFi. Kalau ingin mengganti nama SSID atau password, klik pada icon pensil.

Sampailah kita pada kelebihan yang terakhir.  Kelebihan ini terdapat pada fitur pemutaran video/film. Ketika Anda memutar video/film, arahkan pointer mouse ke bagian dalam video. Ada fitur menu bar tambahan di sebelah kanan atas (ada logo UC Browser) untuk kemudahan mengunduh video atau mengkonversinya menjadi file suara. Tinggal klik lalu unduh, Anda tidak perlu repot-repot menginstall aplikasi downloader. Selanjutnya, apakah ada kelebihan lain?? Untuk sementara, kelebihan yang saya temukan baru itu. Mungkin Anda bisa menambahkan kelebihan lainnya di kolom komentar. Pembahasan kali ini berlanjut ke kekurangan UC Browser. Apakah ada kekurangan? Tentu ada, terkadang UC Browser mengalami crash atau responnya terlalu lama kalau banyak tab yang dibuka. Kadang saya juga mengalami kendala saat mengaktifkan maupun menonaktifkan Virtual WiFi, lagi-lagi respon lama. Ini hanya kadang-kadang loh, tidak terlalu sering. Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, fitur Ad Block bawaan UC Browser terkadang gagal memblokir iklan-iklan tertentu.

UC Browser Downloader
Menu bar tambahan pada UC Browser
Lantas bukan berarti browser ini kurang bagus, hal itu juga dipengaruhi oleh hardware perangkat kita. Kalau hardware perangkat Anda mumpuni, mungkin kendala “respon lama” tidak menjadi masalah, bahkan jarang terjadi. So, tunggu apalagi? Cobalah UC Browser mulai sekarang dan jika ada pertanyaan, silakan berikan komentar Anda di bawah ini. Have a nice day 😊

Posting Komentar untuk "Kelebihan dan Kekurangan UC Browser"