Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan .NET Framework 3.5 di Windows 8

Pada kesempatan kali ini saya mau membagikan sedikit pengalaman saya di Windows 8, seperti kita ketahui di Windows 8 memang hanya ada NET Framework 4, sedangkan masih banyak program yang membutuhkan naungan NET Framework 3.5. Nah, gimana caranya untuk mendapatkan .NET Framework 3.5 di Windows 8 ?? Usut punya usut, ternyata yang kita butuhkan hanyalah DVD atau Installer Windows 8 itu sendiri, karena di dalam Installer Windows 8 sebenarnya sudah ada NET Framework 3.5-nya, tapi tidak terinstal secara otomatis. Anda harus mengaktifkan secara manual. Caranya bisa Anda lihat di bawah ini :

Langkah 1
Masukan DVD Installer Windows 8 ke DVD Drive Komputer atau Laptop kamu, untuk yang menggunakan Bootable ISO silahkan di Mount dulu menggunakan PowerISO atau Deamon Tools.

Langkah 2
Kemudian buka folder "sources", lalu cari folder "sxs". Copy-kan folder "sxs" ke dalam Local Disk C: kamu.

Langkah 3
Paste di Local Disk C:, Kemudian ubah nama folder tersebut dari "sxs" menjadi "net".

Langkah 4
Sekarang buka Command Prompt (cmd.exe), jalankan dengan cara RUN AS ADMINISTRATOR, sekarang kita ubah agar path hanya mengarah ke C:\. Ketikan 'cd\' kemudian ENTER.

Langkah 5
Jika sudah, ketikan Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFX3 /Source:c:\net /LimitAccess di Command Prompt tadi. Perhatikan huruf besar, spasi dan path NET Framework yang tadi di Copy.


Langkah 6
Kemudian tekan Enter, Jika semua tahap dilakukan dengan benar, maka proses Instalasi NET Framework 3.5 akan berjalan. Tunggu sampai 100%, jika sudah silahkan Restart Komputer atau Laptopnya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengaktifkan .NET Framework 3.5 di Windows 8"