Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Software Deep Freeze

Deep Freeze adalah program buatan sebuah perusahaan pembuatan software bernama Faronics. Bila Anda browsing di sebuah warnet, coba lihat ikon di pojok kanan bawah yang berlogo beruang kutub. Ya, itulah yang dinamakan Deep Freeze. Cara kerjanya yaitu mengembalikan setting komputer ke settingan default dengan cara membekukan semua file di komputer. Maksudnya begini, bila Anda menginstal software di Local Disk C dan Local Disk C tersebut telah dibekukan oleh Deep Freeze, maka software yang barusan Anda instal akan hilang ketika komputer di restart atau di shutdown. Dan kalau Anda menyetting pengaturan regedit, msconfig, gpedit di komputer dan lupa bahwa komputer tsb ada Deep Freeze.nya, maka ketika komputer di restart atau di shutdown settingan tersebut tidak akan disimpan. Trus, apakah Local Disk selain C dapat dibekukan juga oleh Deep Freeze?? Jawab : Bisa, karena sewaktu proses instalasi Deep Freeze akan ada pilihan Local Disk mana yang ingin dibekukan. Tergantung selera Anda. Bagaimana cara menonaktifkan Deep Freeze?? Perhatikan langkah-langkah dibawah ini !!!

Deep Freez, Faronics

  • Tekan Ctrl + Alt + Shift + F6
  • Kemudian Anda akan disuruh memasukkan password, bila baru pertama menginstal Deep Freeze langsung tekan enter atau klik OK karena passwordnya belum di setting
  • Akan muncul tampilan seperti dibawah ini
Cara Menonaktifkan Deep Freeze
  • Pilih Boot Thawed dan klik Apply and Reboot
  • Bila ingin menyetting passwordnya sekalian klik pada tab Password
Salah satu keuntungan memakai deepfreeze adalah untuk mempertahankan komputer dari serangan virus karena deepfreeze akan langsung membekukan/menghapus file terinstal saat komputer di shutdown atau di restart.

1 komentar untuk "Pengertian Software Deep Freeze"