Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Trik Perawatan Komputer yang Sering Dilupakan

5 Trik Perawatan Komputer yang Sering Dilupakan

Komputer yang setiap hari bahkan setiap saat kita gunakan ternyata perlu untuk mendapatkan perawatan, tidak hanya perawatan dari luar tetapi juga perawatan dari dalam. Dengan merawat komputer, kita akan mendapatkan performa yang lebih optimal dan juga tentu saja bagian komputer akan lebih awet. Tetapi biasanya justru orang lupa mengenai beberapa perawatan komputer berikut ini.
  • Bersihkan debu di dalam CPU karena debu-debu tersebut akan menempel pada kipas dan menyebabkan peningkatan suhu. Hal ini biasanya yang paling sering diabaikan orang karena mungkin malas untuk membersihkannya, tetapi debu justru yang paling mengganggu kinerja komputer.
  • Gunakan UPS, karena akan sangat berguna ketika ada masalah dengan listrik ke komputer kamu. Ketika tegangan listrik turun atau malah mati listrik, komputer kamu akan terlindungi dan tidak langsung mati. Karena jika langsung mati maka akan berdampak pada kerusakan Harddisk.
  • Defrag harddisk secara rutin, Anda bisa menggunakan Defraggler atau Auslogic Disk Defrag untuk melakukan defragmentasi ini. Hal ini berguna untuk mengurutkan/menata file-file kamu sehingga proses pencarian akan lebih cepat dan performa komputer juga bisa meningkat.
  • Bersihkan file-file tidak berguna (junk file), serta uninstall program yang tidak digunakan untuk meningkatkan performa komputer serta kapasitas storage Anda akan bertambah. Anda bisa menggunakan cleaner yang sudah populer misal CCleaner, TuneUp Utilities, dan Glary Utilities.
  • Casing komputer Anda nyetrum, pasangkan kabel ground. Sambungkan salah satu ujung kabel dengan CPU dan ujung yang lain ditancapkan ke tanah, panjang kabel secukupnya saja. Hal ini dapat mengalirkan arus listrik yang ada di casing ke tanah, sehingga komponen komputer Anda lebih tahan lama.

Posting Komentar untuk "5 Trik Perawatan Komputer yang Sering Dilupakan"