Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan Icon Bluetooth di System Tray

Adanya koneksi Bluetooth pada perangkat sudah menjadi kebutuhan primer bagi kebanyakan orang. Kalau perangkat kita tidak ada Bluetoothnya pasti akan kebingungan ketika ingin transfer file ke perangkat lain jika tidak ada kabel data ataupun card reader. Dengan adanya Bluetooth kita bisa sharing file dimana saja dan kapan saja tanpa perantara kabel atau media lain seperti card reader. Ya memang begitu, transfer file memakai Bluetooth dirasa lebih praktis dan menghemat waktu oleh sebagian orang. Namun di sisi lain dari segi kepraktisannya, Bluetooth juga memiliki kekurangan yaitu jangkauan transfer maksimal hanya sekitar 10 meter (kurang lebih). Jadi ketika proses transfer sedang berlangsung, perangkat harus saling berdekatan untuk mempercepat proses transfer. Selain itu kecepatan transfer juga dipengaruhi oleh besaran file yang ditransfer, semakin besar ukuran file semakin lambat pula proses transfer. Begitu pun sebaliknya. Saya sarankan jika file Anda berukuran lebih dari 20 MB mendingan ditransfer melalui perantara lain misal kabel data, card reader atau usb otg.



Yak itulah sekilas ulasan mengenai Bluetooth. Kelebihan dan kekurangan dari Bluetooth sudah kita bahas. Selanjutnya kita akan membahas Cara Menampilkan Icon Bluetooth di System Tray. Apakah Anda pernah mendengar System Tray?? System Tray merupakan icon-icon yang tampil di pojok kanan bawah pada taskbar sistem operasi Windows, termasuk icon Wifi, Volume, Battery, dll. Biasanya di system tray itu sering menampilkan beberapa software yang sedang berjalan. Agar lebih jelas lihat screenshot di bawah ini.


Sudah mengerti kan pengertian dari System Tray?? Sekarang lanjut ke bagaimana cara menampilkan icon Bluetooth yang hilang di System Tray. Jangan panik ketika icon Bluetooth di laptop/komputer Anda hilang. Coba pakai cara di bawah ini untuk menampilkan kembali.

- Pada OS Windows 7 klik Start Menu lalu klik Search dan ketikkan "Bluetooth"
- Kemudian klik "Change Bluetooth settings" dan akan muncul jendela baru


- Beri tanda centang pada checkbox "Show the Bluetooth icon in the notification area"
- Klik Apply lalu OK
- Jika belum muncul coba restart laptop/komputer Anda
- Selesai

Untuk Windows 10 caranya hampir sama dengan Windows 7, bedanya kalau di Windows 7 klik Start Menu dulu lalu klik Search baru ketikkan "Bluetooth". Sedangkan di Windows 10 klik menu Search kemudian ketikkan "Bluetooth". Bagi pengguna Windows 8 dan 8.1 harap menyesuaikan. :)

3 komentar untuk "Cara Menampilkan Icon Bluetooth di System Tray"

  1. artikelnya keren dan sangat bermanfaat.. thx gan.

    BalasHapus
  2. Laptop sy windows 8,sy klik search sy ketikkan bluetooth kok muncul tulisan No apps match your search, gmn gan?

    BalasHapus