Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan WiFi ID dengan Seamless WiFi ID

Tentu kita semua yang melek teknologi pasti tahu dengan istilah atau sebutan WiFi ID, di mana WiFi ID merupakan jaringan publik berbasis wireless (nirkabel) milik PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang dapat diakses menggunakan berbagai perangkat asalkan tersedia Wi-Fi. Akan tetapi, kita tidak bisa begitu saja terhubung ke internet via WiFi ID sebelum login di halaman Welcome Page. Adapun syarat login di jaringan tersebut, kita harus mempunyai akun username dan password dengan membelinya di mini market, marketplace, maupun pos keamanan WiFi ID Corner. Di beberapa tempat WiFi ID Corner Anda pasti akan menjumpai beragam SSID atau sinyal Wi-Fi yang tersedia, dua diantaranya @wifi.id dan seamless@wifi.id. Kedua SSID tersebut jelas memiliki perbedaan, yaitu pada akun username dan password serta mekanisme proses autentikasi. Perbedaan itulah yang mendorong saya untuk menulis artikel ini agar pengguna awam juga tahu maksud Telkom membuat kedua SSID itu.

perbedaan wifi.id dengan seamless

@wifi.id
Untuk penjelasan pertama, yaitu SSID atau lebih gampangnya kita sebut sinyal @wifi.id merupakan jaringan publik berbasis wireless yang disediakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) dengan klaim kecepatan maksimal 100 Mbps bahkan di beberapa tempat ada yang mencapai 1 Gbps untuk digunakan masyarakat umum. Adapun tata cara menghubungkan perangkat kita ke jaringan ini cukup menekan tombol "Connect" pada sinyal @wifi.id, selanjutnya kita diarahkan ke halaman Selamat Datang (Welcome Page). Jika halaman tersebut selesai dimuat, maka kita disuguhi kolom username dan password untuk login. Pengguna dapat membeli akun username dan password di tempat yang telah saya sebutkan sebelumnya. Akun ini dibagi menjadi tiga paket, diantaranya paket satu hari, satu minggu, serta satu bulan.

seamless@wifi.id
Sedangkan seamless@wifi.id ialah percabangan dari @wifi.id. Lebih spesifiknya, jaringan seamless diperuntukkan bagi pelanggan IndiHome Telkom yang diberi kebebasan mengakses jaringan tersebut dengan biaya Rp 10.000 per device (perangkat). Biaya ini dimasukkan pada tagihan bulanan IndiHome. Murah bukan? Cuma 10 ribu per device kita bisa terhubung ke semua jaringan seamless di lokasi mana pun. Untuk cara menghubungkannya, tinggal tekan tombol Connect pada sinyal seamless@wifi.id. Kemudian kita diminta memasukkan identitas (nama pengguna / username) beserta password yang diperoleh dari halaman My IndiHome dengan catatan kita telah login di halaman tersebut.

Bagaimana? Sudah paham kan sekarang? Hehehe...

Posting Komentar untuk "Perbedaan WiFi ID dengan Seamless WiFi ID"