Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan MBps, Mbps, KBps, dan Kbps

Seringkali kita keliru dalam mengartikan bit dan Byte pada MBps, Mbps, KBps atau Kbps, padahal keduanya memiliki pengertian yang berbeda, khususnya di huruf "B". B besar singkatan dari Byte (satuan data / satuan besarnya file) sedangkan b kecil singkatan dari bit (kependekan dari binary digit). Binary digit ini merupakan unit satuan terkecil dalam komputasi digital.

Perbedaan MBps, Mbps, KBps, dan Kbps

Singkat kata, rumusnya seperti ini:

1 B (Byte/Bita) = 8 b (bit)
1 KB (KiloBytes/KiloBita) = 8 Kb (Kilobit)
1 MB (MegaBytes) = 8 Mb (Megabit)
1 GB (GigaBytes) = 8 Gb (Gigabit)

Nah misalnya provider internetmu menawarkan kecepatan 8 Mbps (Megabit per second / Megabit per detik) itu namanya BANDWIDTH. Sedangkan untuk kecepatan transfer datanya beda lagi. Kecepatan transfer data atau file dinamakan THROUGHPUT.

Cara mengukur besarnya THROUGHPUT menggunakan satuan Byte / Bita. THROUGHPUT ini bisa diketahui saat melakukan pengunduhan file menggunakan IDM atau tanpa aplikasi juga bakal ketahuan.

Katakanlah alokasi bandwidth internetmu untuk download 15 Mbps, kecepatan unduhnya sekitar 1,875 MBps (itu satu koma sekian ya bukan seribu). Cara menghitungnya bagaimana? Ya tinggal 15 dibagi 8, kan 1 MBps = 8 Mbps.

Posting Komentar untuk "Perbedaan MBps, Mbps, KBps, dan Kbps"