Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Add Recovery Record pada Archive RAR

Fungsi Add Recovery Record pada Archive RAR

Add Recovery Record merupakan sebuah pemberian record, dimana fungsinya memberikan pendataan untuk memulihkan file arhive yang ternyata error.  Dan Add Recovery Record itu sangat penting, terutama untuk yang sering membuat archive file rar di buat PART.

Lebih jelasnya begini, misal : Anda mendownload game yang berukuran 5 GB , kemudian filenya di split menjadi 5 Part, yang tiap Partnya 1 GB.
 
Nah. dalam kondisi seperti itu, apabila saya memberikan Add Recovery Record pada saat pembuatan Archive file PART tersebut, maka ketika Anda mendownload ke 5 PART tersebut, dan ketika Anda mencoba melakukan EXTRACT FILE ternyata ada salah satu file ada yang mengalami Corrupt. bla.. bla.. maka Anda tidak perlu mendownload ulang file tersebut.
 
Melainkan hanya melakukan Repair Archive, caranya :
  • Jalankan PART yang error atau rusak tersebut.
  • Kemudian klik menu Tools, pilih Repair Archive.
  • Tunggu sampai proses selesai, sampai RECORD RECOVERY DATA di temukan
  • Setelah selesai, WinRAR akan memberikan info "DONE"
Nah, hasil dari Repair Archive tersebut, akan ada penambahan nama file Archive ''fixed.namafile.part.rar" dan silahkan di coba untuk melakukan Extract file kembali menggunakan file "FIXED" tadi pasti akan sukses ( Pastikan semua langkah di perhatikan ).

Lalu apa bedanya File yang di PART di beri Add Recovery Record dengan yang Tanpa Add Recovery Record.

Apabila File RAR tersebut di berikan Add Recovery Record, ketika ada kerusakan file RAR, maka ketika kita melakukan REPAIR ARCHIVE, hasil dari FIXED file di pastikan akan PULIH dan memperbaiki KERUSAKAN FILE RAR tersebut. Jadi Anda TIDAK PERLU mendownload ulang file yang rusak.

Namun apabila file RAR tersebut tidak atau tanpa di berikan Add Recovery Record  maka ketika kita melakukan REPAIR archive terhadap file yang rusak.  hasil dari FIXED tersebut JARANG BERHASIL di PULIHkan, karena tanpa pemberikan Record untuk melakukan repair/recovery File RAR tersebut. sehingga Anda harus mendownload ulang file yang rusak.

Nah. buat Anda yang mengalami kerusakan FILE RAR ( jangan Di delete dan mendownload ulang dulu, melainkan lakukan, REPAIR ARCHIVE dengan cara, klik file RAR yang rusak, kemudian klik menu tools, dan pilih REPAIR ARCHIVE.

Catatan :  Proses pemberian Add Recovery Record akan menambah file Size sedikit lebih besar dari ukuran aslinya, namun itu akan sangat bermanfaat ketika terjadi sebuah kerusakan terhadap file RAR. 
 
Semakin besar pemberian jumlah Presentase Add Recovery Record File RAR, maka akan semakin menambah File Size RAR tersebut. Untuk umumnya, memberikan Add Recovery Record 5% sudah cukup, tidak perlu sampai 10%

Semoga bermanfaat

Posting Komentar untuk "Fungsi Add Recovery Record pada Archive RAR "