Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Antivirus Gratis untuk Melindungi PC Anda

Produktivitas di ranah digital semakin hari semakin bertambah padat seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Kepadatan tersebut tentu memiliki risiko terhadap keamanan data sekaligus privasi kita maupun klien yang kita tangani. Keamanan data merupakan hal yang harus kita jaga sebaik mungkin karena jika data tersebut dikuasai pihak lain maka berpotensi untuk disalahgunakan. Selain itu, imbas dari penyalahgunaan tersebut kita tidak dipercaya lagi oleh klien atau rekan kerja dalam satu tim.

Adapun metode dalam menyalahgunakan data terdiri dari beragam cara. Salah satu caranya dengan menyebarkan virus, malware, trojan, spyware, ransomware, dan jenis-jenis aplikasi jahat lainnya untuk mencuri maupun merusak data korban-korbannya. Agar data-data kita terhindar dari kejahatan semacam itu, minimal mengantisipasinya, perangkat kita harus dipasang aplikasi antivirus guna menangkal serangan virus-virus jahat yang mencoba menginfeksi perangkat kita.

ancaman cyber

Untuk itulah, mulai sekarang Anda wajib memikirkan produk antivirus yang akan dipasang pada perangkat Anda. Tidak harus berbayar, antivirus gratisan juga mampu menangkal virus-virus jahat yang mencoba menginfeksi. Agar tidak bingung dalam memilih, berikut ini merupakan 5 rekomendasi antivirus gratis untuk melindungi perangkat Anda. Harap dipertimbangkan baik-baik.

1. Avast Free Antivirus
Avast Free Antivirus ialah produk perangkat lunak antivirus gratis yang dikembangkan oleh Avast Software (sebelumnya bernama ALWIL Software). Avast ini merupakan salah satu antivirus gratis paling populer di seluruh dunia. Kebanyakan penggunanya meliputi para pelajar, pekerja profesional dan karyawan perusahaan. Selain kemampuannya yang handal dalam mendeteksi dan memblokir perangkat lunak jahat, Avast juga digolongkan sebagai antivirus ringan. Kenapa disebut antivirus ringan? Karena Avast ini mampu dioperasikan dengan lancar pada komputer yang berkapasitas RAM 2 GB.

avast antivirus

2. AVG Antivirus FREE
Antivirus gratis, produk dari AVG Technologies ini layak kita acungi jempol. Kemampuannya dalam mendeteksi dan memblokir ancaman dari perangkat lunak jahat tidak diragukan lagi. Kabarnya AVG telah diakuisisi pihak Avast Software sehingga dua korporasi ini bekerja dalam satu naungan perusahaan. Walaupun begitu, AVG masih memiliki hak untuk mengatur bisnisnya sendiri namun tetap dalam pengawasan Avast Software. Sedangkan produk dari AVG sendiri meliputi AVG Ultimate, AVG AntiVirus FREE, AVG Internet Security, AVG TuneUp, AVG Secure Browser, dan masih banyak lagi. Informasi lengkapnya dapat Anda lihat pada website resmi AVG.

avg logo

3. Avira Free Security Suite
Salah satu antivirus buatan Jerman ini masuk dalam daftar rekomendasi antivirus gratisan yang layak Anda coba. Antivirus Avira ini merupakan hasil racikan dari perusahaan Avira Operations GmbH & Co. KG di mana beberapa produknya berhasil meraih penghargaan ternama sekaligus sertifikasi dari lembaga terkait sehingga kehandalannya pun tentu bisa dipercaya. Selain menawarkan antivirus gratisan, Avira juga mengembangkan produk dan jasa premium yang memberikan jaminan perlindungan lebih. Beberapa diantaranya meliputi Avira Internet Security Suite, Avira Prime, Avira Antivirus Pro (Businees Edition), Avira Antivirus for Small Business, Avira Antivirus Server, Avira Antivirus for Endpoint, beserta pelayanan jasa keamanan IT.

antivirus avira

4. BitDefender Antivirus Free Edition
Beberapa orang pastinya telah mengenal antivirus yang satu ini. Popularitas antivirus BitDefender tak boleh kita anggap remeh. Pihak BitDefender sendiri mengklaim bahwa produk gratisannya ini dapat dipasang pada komputer hanya dalam hitungan detik dan tidak memberatkan sistem. Selain itu, mereka juga memberikan jaminan perlindungan kuat yang dikemas secara ringan. Berdasarkan kategori terbaik untuk perlindungan, di website resminya tertera bahwa BitDefender menduduki peringkat pertama di kelasnya menurut score AV TEST dari Januari 2011 sampai Juni 2019. Sedangkan untuk kategori performa terbaik, BitDefender juga menduduki peringkat pertama sejak Januari 2013 sampai Juni 2019.

logo bitdefender

5. Kaspersky Security Cloud Free
Bisnis di bidang keamanan IT memang tidak ada habisnya. Selalu saja ada perubahan teknik serangan sekaligus tidak menutup kemungkinan ancamannya pun berasal dari berbagai sektor. Jika tidak mengikuti perkembangan tersebut maka perusahaan keamanan IT terancam gulung tikar. Salah satu perusahaan keamanan IT yang sampai saat ini masih eksis ialah Kaspersky Lab, dibentuk oleh Natalia Kasperskaya dan bekerja sama dengan Eugene Kaspersky pada tahun 1997. Terkait dengan produknya, Kaspersky Lab sendiri memiliki produk berbayar dan juga produk gratisan. Adapun mengenai produk gratisannya itu, Kaspersky sengaja menambahkan embel-embel Cloud, lebih tepatnya dinamakan Kaspersky Security Cloud Free.

kaspersky lab

Embel-embel Cloud ini mengacu pada metode perlindungan yang diterapkan oleh Kaspersky, di mana mereka menerapkan metode perlindungan berbasis Cloud pada produk gratisannya tersebut. Berhubung antivirusnya ini berbasis Cloud maka sebelum memakai layanannya, kita diwajibkan mempunyai akun Kaspersky.

So, bagi kita yang berpenghasilan pas-pasan dan belum mampu membeli produk antivirus berbayar, salah satu dari kelima antivirus gratisan di atas tidak ada salahnya kita coba. Karena untuk mendeteksi dan memblokir ancaman perangkat lunak jahat yang selalu mengalami kemajuan pada teknik serangannya, dibutuhkan antivirus handal dan terpercaya. Maka dari itu, kelima antivirus ini saya rekomendasikan. Namun, rekomendasi ini jangan dianggap sebagai rekomendasi terbaik. Hal itu mengacu pada kelemahan komputer juga dipengaruhi oleh si penggunanya sendiri. Sebaik apapun antivirus yang dipakai, jika penggunanya enggan merawat maupun menjaga komputer mereka sekaligus lalai dalam berhati-hati menggunakan data pribadi, ya sama saja.

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Antivirus Gratis untuk Melindungi PC Anda"