Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Mikhmon, Aplikasi untuk Bisnis Warnet Zaman Now

Akhir-akhir ini, pengguna internet di kalangan pelajar terutama anak-anak SD dan SMP mengalami peningkatan drastis. Hal itu bisa terjadi dikarenakan faktor perkembangan game online. Mayoritas anak-anak yang saya temui selalu memiringkan smartphone mereka tiap bermain game. Bahkan tak jarang mereka berkumpul di suatu tempat hanya untuk main game.

Dari fenomena tersebut kita bisa mengambil celah untuk dimanfaatkan sebagai ladang bisnis di era serba digital seperti ini. Antusiasme anak-anak terhadap game online membawa keberuntungan tersendiri untuk dijadikan sumber penghasilan alternatif. Sumber penghasilan itu kita wujudkan dalam bentuk usaha wifi corner dengan konsep kafe atau kedai. Adapun terkait mekanismenya, wifi corner ini menggunakan sistem voucher. Sedangkan aplikasi manajemen vouchernya memakai MIKHMON, singkatan dari MikroTik Hotspot Monitor.
mikhmon, mikrotik hotspot monitor
Sumber gambar: https://laksa19.github.io
Bagi Anda yang menggeluti bidang jaringan komputer pasti tak asing lagi dengan sebutan MikroTik. MikroTik sendiri merupakan nama perusahaan pembuat perangkat jaringan dan sistem operasi RouterOS yang didirikan oleh John Trully dan Arnis Riekstins, berkantor pusat di negara Latvia. Mayoritas produk-produknya berupa perangkat router, di dalamnya sudah terpasang perangkat lunak RouterOS.

Lantas apa hubungannya MikroTik dengan MIKHMON? Sesuai namanya, yaitu MikroTik Hotspot Monitor, MIKHMON jelas berkaitan erat dengan MikroTik karena pada implementasinya MIKHMON harus terhubung ke MikroTik. Sedangkan MikroTik Hotspot Monitor merupakan aplikasi berbasis web (MikroTik API PHP class) untuk membantu manajemen Hotspot MikroTik. Khususnya MikroTik yang tidak mendukung User Manager. MIKHMON bukan radius server, jadi tidak harus selalu aktif sehingga pengguna dapat mengaktifkan MIKHMON saat dibutuhkan saja.

Lalu bagaimana cara kerjanya? Adapun cara kerja MIKHMON kurang lebih sama seperti User Manager. MIKHMON digunakan untuk manajemen user pada hotspot MikroTik. Di dalamnya terdapat fitur penambahan user secara otomatis maupun manual. Selain itu, fungsi grouping user atau biasa disebut user profile juga disematkan pada aplikasi ini. Sehingga memungkinkan pengguna MIKHMON untuk membuat user sesuai profil atau grupnya berdasarkan masa aktif maupun harga vouchernya.

Maka dari itu, MIKHMON sangat cocok diimplementasikan dalam pengembangan bisnis warnet zaman now dengan konsep seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Kita dapat menentukan harga vouchernya sesuai keinginan serta berapa lama user online juga dapat kita tentukan sendiri.

Selain fitur utama tersebut, MIKHMON versi terbaru sudah mendukung monitoring trafik secara real time berdasarkan interface yang digunakan. Jadi ketika kita masuk ke menu Trafik Monitor, kita akan disuguhi tampilan grafik yang menunjukkan trafik Tx dan Rx dari interface MikroTik.

Mengenai tahap pengenalan MIKHMON saya kira cukup sampai di sini dulu. Apabila penjelasan saya masih kurang, silakan kunjungi alamat https://laksa19.github.io (website resmi MIKHMON).

Posting Komentar untuk "Pengenalan Mikhmon, Aplikasi untuk Bisnis Warnet Zaman Now"