Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Open DNS Resolver dari CloudFlare dan Cara Settingnya

Mungkin sebagian pembaca yang baru mengetahui Open DNS Resolver bingung dengan istilah ini. Open DNS Resolver merupakan DNS Resolver terbuka (publik) yang sengaja dibuat provider besar atau pemerintah untuk digunakan masyarakat luas secara gratis sebagai penerjemah alamat website dari ke alamat IP suatu website. Suatu website dapat Anda akses datanya dikarenakan terdapat DNS Resolver sebagai penerjemah. Komputer client tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server jika tidak disertai DNS Resolver. DNS Resolver ini sangat penting.

Salah satu syarat utama untuk terhubung ke internet yaitu adanya DNS Resolver di komputer client maupun komputer server. Adapun syarat utamanya meliputi IP Address, Gateway, dan DNS Resolver. Mustahil komputer Anda terhubung ke internet jika DNS Resolver tidak dipasang. Maka dari itu, keberadaan DNS Resolver ini tidak boleh diabaikan. Masih bingung? Jadi begini, antara komputer client dengan komputer server itu komunikasinya menggunakan bahasa mesin melalui protokol TCP/IP. Semua website yang Anda akses sebenarnya berupa alamat IP. Keterbatasan manusia dalam menghafal alamat IP ini yang menjadi alasan munculnya penamaan domain. Misal alamat IP Google 74.125.68.113.

Yang namanya manusia merupakan tempatnya salah dan lupa. Sekarang hafal IP tersebut, beberapa hari kemudian atau bulan bahkan tahun sangat mungkin ia lupa dengan IP itu. Selanjutnya untuk meminimalkan manusia dari kemungkinan lupa maka dibuatlah penamaan domain, contoh google.com. Lebih mudah mana menghafal alamat google.com dengan alamat IP 74.125.68.113? Dari penjelasan ini saya anggap Anda sudah paham tentang fungsi DNS Resolver yang tidak lain untuk menerjemahkan atau mengonversi alamat google.com ke alamat IP agar bahasanya bisa dimengerti oleh komputer client maupun komputer server.

Beberapa orang juga mengetahui bahwa Google mempunyai Open DNS Resolver sendiri. Tetapi sebagian orang ada yang belum mengetahui alamat IP 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 merupakan Open DNS Resolver milik Google. Berdasarkan pentingnya DNS Resolver ini maka CloudFlare juga ikutan membuat Open DNS Resolver yang dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna internet. Mengikuti jejak raksasa internet Google, CloudFlare membuat dua DNS Resolver yang sifatnya open (terbuka) yaitu 1.1.1.1 dan 1.0.0.1. Pihak CloudFlare mengklaim DNS Resolver miliknya lebih cepat dan aman bagi penggunanya. Adapun cara memasang DNS ini ialah sebagai berikut:
  • Pastikan Anda sudah masuk ke menu Network and Sharing Center
  • Klik pada tanda merah, sesuaikan tipe koneksi
  • Disini saya menggunakan Wi-Fi yang terhubung ke internet
  • Lalu akan muncul jendela Wi-Fi Status, kemudian pilih Properties
  • Selanjutnya akan muncul jendela Wi-Fi Properties
  • Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)
  • Setelah itu muncul lagi jendela baru
  • Pada konfigurasi DNS Server pilih Use the following DNS server addresses
  • Sesuaikan pada gambar di atas
  • Lalu klik OK dan OK lagi
Tunggu dulu, kita harus melakukan pengecekan ulang untuk mengetahui DNS Server yang sudah kita setting berjalan atau belum. Kali ini kita harus menjalankan menu Run dengan menekan kombinasi tombol keyboard logo Windows + R. Lalu ketikkan "cmd" tanpa tanda petik kemudian enter. Setelah jendela CMD muncul, selanjutnya ketikkan "nslookup alamatwebsite" tanpa tanda petik. Contoh nslookup facebook.com lalu enter.


Jika DNS Server kita berjalan maka akan muncul tampilan hostname (nama host) dari DNS tadi yang disertai alamatnya. Fungsi dari NSLOOKUP ini ialah untuk mengetahui alamat IP suatu website. Sedangkan NS itu merupakan singkatan dari name server.

      Posting Komentar untuk "Open DNS Resolver dari CloudFlare dan Cara Settingnya"