Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Aman Menghapus Folder Windows.old

Pernahkah Anda merasa bahwa komputer Windows yang sering digunakan mengalami penurunan kinerja atau keterlambatan respon? Jika pernah, cobalah cek partisi sistem pada harddisknya, barangkali disitu terdapat folder "Windows.old". Lantas, apa itu folder Windows.old? Folder Windows.old merupakan folder sistem yang berisi file-file cadangan dari versi Windows sebelumnya setelah melalui proses upgrade. Folder ini berguna sebagai backup sistem jika proses upgrade mengalami kegagalan atau error dimana versi Windows sebelumnya dapat dikembalikan lagi.

Lalu, bagaimana cara menghapusnya? Apakah cukup dengan menekan tombol delete? Sebelum menjawab pertanyaan itu, kita asumsikan dulu bahwa folder Windows.old merupakan folder sistem yang tidak boleh sembarangan menghapusnya. Jadi, dari asumsi ini bisa disimpulkan bahwa kita dilarang menghapusnya secara manual dengan menekan tombol delete. Jika nekat melakukan ini, bisa jadi sistem akan mengalami kerusakan. Maka dari itu kita diharuskan mengikuti langkah-langkah aman yang sesuai prosedur. Kita perlu membuka File Explorer atau Windows Explorer.


Kemudian klik kanan pada partisi sistem yang Anda tempatkan dan pilih Properties. Selanjutnya akan muncul jendela System Properties.


Di jendela tersebut terdapat tombol Disk Cleanup, klik pada tombol itu. Dan akan tampil jendela Disk Cleanup seperti di bawah ini.


Kemudian klik tombol Clean up system files. Lalu checklist pada opsi Windows previous installation(s).


Anda juga bisa memberikan checklist pada opsi lain yang sesuai dengan keinginan. Selanjutnya klik OK. Apabila muncul jendela pop up konfirmasi, pilih Yes dan tunggu sampai proses menghapusnya selesai. Setelah itu, restart komputer Anda.

Posting Komentar untuk "Cara Aman Menghapus Folder Windows.old"