Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Berbagi Koneksi Internet di Windows 10

Tentu saja di era teknologi sekarang ini terdapat beberapa area hotspot yang bisa diakses oleh siapapun tanpa perlu menggunakan username dan password. Kalaupun kita diharuskan login ke jaringan nirkabelnya, beberapa penyedia layanan ada yang menggratiskan. Kita hanya perlu menanyakan username dan password ke penyedia layanan yang bersangkutan. Namun, jika penyedia layanan cuma memberi satu akun untuk login ke jaringan nirkabelnya maka gawai kita yang lain tidak dapat menikmati layanan internetnya. Karena satu akun (username dan password) hanya bisa dipakai satu gawai.

Maka dari itu, berdasarkan permasalahan tersebut kita perlu melakukan sharing data atau membagikan koneksi internet dari laptop yang sudah terhubung ke gawai yang belum terhubung. Bisa melalui aplikasi atau via command prompt. Akan tetapi pembahasan kali ini dikhususkan melalui command prompt pada Windows 10. Untuk langkah-langkah konfigurasinya ialah sebagai berikut:

Pertama-tama, kita perlu menjalankan Command Prompt sebagai Administrator. Caranya dengan melakukan klik kanan pada Command Prompt lalu pilih Run as administrator. Setelah jendela Command Prompt terbuka, kemudian kita perlu mengetikkan perintah untuk membuat jaringan hotspot baru. Ketikkan perintah ini:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NAMA_SSID key=PASSWORD

Harap diperhatikan betul-betul, bahwa NAMA_SSID merupakan nama jaringan hotspot yang kita buat. Sesuaikan dengan keinginan kita. Anda bebas memberi nama apapun tetapi dengan catatan namanya tidak boleh ada spasi. Kalau ingin memisahkan nama per kata gunakan tanda garis bawah (underscore atau underline). Sedangkan pada tulisan PASSWORD, kita isikan dengan kata sandi.

Apabila kita salah memberi nama dengan adanya spasi maka akan muncul pesan seperti ini:

cara berbagi koneksi internet di windows 10

Sedangkan jika pemberian nama hotspot kita sudah benar maka akan muncul pesan successfully:

berbagi koneksi internet di windows 10

Setelah itu kita jalankan layanan hotspot-nya dengan perintah:

netsh wlan start hosted network

Sampai di sini kita berhasil membuat jaringan hotspot baru sesuai langkah-langkah di atas. Namun, sayangnya jaringan hotspot yang berhasil dibuat belum terhubung ke internet. Oleh karena itu, langkah selanjutnya kita harus memberikan hak akses internet pada layanan hotspot kita agar client yang terhubung bisa melakukan aktivitas di dunia maya. Istilah lainnya kita harus mengaktifkan NAT-nya dulu supaya client bisa terhubung ke internet. (NAT = Network Address Translation)

Berikut ini langkah-langkah untuk mengaktifkan NAT-nya atau memberikan hak akses internet ke jaringan hotspot:

Pastikan Anda sudah masuk ke menu Network and Sharing Center. Disitu akan muncul nama jaringan hotspot yang telah dibuat beserta koneksi internet yang kita gunakan.

Cara Berbagi Koneksi Internet di Windows 10

Sesuai gambar di atas, klik pada tipe koneksi yang bertanda merah. Selanjutnya muncul jendela WiFi Status, lalu klik Properties. Berhubung tipe koneksi saya menggunakan WiFi dan terhubung ke jaringan @wifi.id maka saya juga menggunakan jaringan ini untuk mengaktifkan NAT-nya atau membagi koneksi internet ini ke jaringan hotspot (My_Hotspot).

Cara Berbagi Koneksi Internet di Windows 10

Pada jendela WiFi Properties, pilih tab Sharing dan berikan tanda checklist atau centang pada checkbox "Allow other network users to connect through this computer's Internet connection". Sedangkan pada menu dropdown Home networking connection pilih Local Area Connection* 3 (sesuaikan dengan jaringan hotspot Anda). Kemudian klik Settings dan muncul jendela Advanced Settings.

Cara Berbagi Koneksi Internet di Windows 10

Agar client dapat terhubung ke internet, maka kita perlu mengaktifkan port 80, 443, 53, 67, dan 68. Adapun fungsi dari masing-masing port tersebut, yaitu:
  • Port 80 = Digunakan untuk mengakses situs yang menggunakan protokol HTTP
  • Port 443 = Digunakan untuk mengakses situs yang menggunakan protokol HTTPS
  • Port 53 = Digunakan untuk layanan DNS
  • Port 67 = Digunakan untuk layanan DHCP Server
  • Port 68 = Digunakan untuk layanan DHCP Client
Jika semua port di atas sudah Anda aktifkan, kemudian klik OK dan OK lagi. Seharusnya sampai disini jaringan hotspot Anda berhasil terhubung ke internet. Untuk memastikannya, coba lihat di menu Network and Sharing Center. Pastikan status No network access pada Local Area Connection*3 sudah berubah menjadi Internet. Selanjutnya, silakan mencoba jaringan hotspot tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Berbagi Koneksi Internet di Windows 10"