Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Pekerja TI di Indonesia

Prospek Pekerja TI di Indonesia

Ada anggapan, memilih studi dalam bidang teknologi informasi (TI) memiliki nilai lebih ketimbang bidang lainnya. Terutama untuk mencari pekerjaan dan meraih gaji tinggi setelah kelulusan. Memang, asumsi ini ada benarnya, karena pada dasarnya perusahaan di masa kini sangat membutuhkan tenaga TI. Hal ini juga tidak lepas dari keahlian teknis dan tanggung jawab tenaga TI untuk menunjang operasional bisnis perusahaan, bahkan tak jarang terlibat secara penuh.
Akan tetapi, untuk urusan gaji, sebenarnya agak berlebihan jika profesi ini disebut-sebut bergaji lebih tinggi ketimbang profesi di bidang lain. Seorang lulusan baru sebagai pekerja penuh waktu (full-time) dengan profesi setaraf programmer, analis sistem, administrator sistem, administrator jaringan, administrator database, dan sebagainya, memperoleh kisaran penghasilan bersih rata-rata antara Rp 2,2 – 2,8 juta per bulan. Sementara bagi pekerja paruh waktu (part-time) upah yang diperoleh di kisaran Rp 100-250 ribu per jam. Upah ini biasanya akan bertambah di tahun berikutnya atau pada perpanjangan kontrak selanjutnya.
Nah bila Anda menyukai dunia TI maka kembangkanlah bakat Anda. Syukur kalau bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi misal D3 atau S1 jurusan Ilmu Komputer, Teknik Komputer, Teknik Informatika, maupun Teknologi Informasi. Karena pekerja TI sekarang ini sangat dibutuhkan bagi perusahaan. Salah besar jika orang tua beranggapan kalau pekerja TI prospek ke depannya dinilai kurang menjanjikan. Jelaskan dengan baik kepada mereka bahwa pekerja TI pada era globalisasi ini sangat dibutuhkan dan gajinya juga lumayan. Kalau tidak percaya cari aja di google tentang gaji rata-rata pekerja TI di Indonesia. Gaji tersebut akan naik tiap tahunnya. Tetapi dengan syarat Anda harus tekun, rajin, dan berhati-hati jika menjadi pekerja TI.
Masih ragukah dengan prospek pekerja TI di masa depan?? So, apalagi yang Anda ragukan mengingat pekerja TI sangat dibutuhkan perusahaan. Tunggu apalagi jadilah generasi penerus bangsa yang melek teknologi.

Posting Komentar untuk "Prospek Pekerja TI di Indonesia"