Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbandingan VGA ATI Radeon dan VGA NVIDIA GeForce


Perbandingan VGA ATI Radeon dan VGA NVIDIA GeForce

Kelebihan VGA nVIDIA

Sebagai produsen chip grafis nomor 1, nVIDIA memiliki segudang uang untuk menjalin kerjasama para programmer dan game developer. Dengan begitu game buatan mereka akan berpihak ke kubu nVIDIA. Atau dnegan kata lain kualitas gambar game tersebut akan menjadi lebih buruk bila dijalankan pada videocard ATI. nVIDIA cukup serius dalam menjalankan strategi konspirasi ini. Bahkan mereka mempropagandakan strategi ini sebagai TWIMTBP (The Way It’s Meant To Be Played).

Bila sebuah game menyandang logo TWIMTBP, berarti game tersebut dibuat dengan campur tangan nVIDIA di dalamnya, dan sudah dipastikan kualitas gambar / kinerja terbaik hanya akan didapat bila menggunakan videocard nVIDIA. Secara logika saja, tentu mustahil bila sebuah game yang disponsori nVIDIA ternyata tampilannya sama baiknya bila menggunakan ATI.

Kelebihan ATI Radeon

ATI punya eyefiniti, HD3D, APP. Sedangkan untuk nVIDIA punya stereoscopic (harus SLI), Physx, CUDA, 3D surround. Kemudian untuk kelemahan ATI yaitu tidak support physx, dan kelemahan nVIDIA adalah lebih boros listrik, kalau mau stereoscopic harus SLI. Mobo certified SLI lebih mahal dari mobo support CF. Nah sekarang akan dijelaskan istilah-istilah grafis yang dimiliki kedua vga tersebut.

Eyefinity adalah teknologi ATI Radeon yang memungkinkan sebuah VGA dipasangkan 6 monitor karena memiliki 6 port dvi. Contoh vga yang memiliki teknologi itu yaitu HD5870 Eyefinity edition. Jadi kalau misal main NFS, layarnya lebih lebar karena bisa digabungkan dengan 6 LCD sekaligus.

CUDA, teknologi ini memungkinkan GPU, processor yang tertanam dalam VGA untuk memantu CPU dalam kalkulasi pemrosesan data. Hal ini tentu saja mempercepat kinerja komputer secara keseluruhan. CUDA, yang bekerja pada bahasa pemrograman C memang dirancang untuk memaksimalkan kinerja GPU untuk memecahkan kompleksitas yang terdapat pada proses komputasi. Teknologi ini memaksimalkan proses pengolahan gambar, video, rendering 3D, dan lain sebagainya. Dengan CUDA, encoding sebuah video dapat dijalankan lebih cepat.

4 komentar untuk "Perbandingan VGA ATI Radeon dan VGA NVIDIA GeForce"

  1. Kalo untuk kebutuhan desain bagusnya pake yg mana ya agan Kharisma Adzana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau utk keperluan desain mendingan pakai ATI Radeon, karena ATI Radeon menang di grafis tp cepat panas.

      Hapus