Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog

Bagi kalangan blogger, trafik pengunjung merupakan hal yang sangat penting untuk kelangsungan hidup blog mereka. Mereka menginginkan blognya lebih dikenal masyarakat dan bisa menjadi bisnis yang menguntungkan. Suatu blog tidak berarti apa-apa tanpa adanya pengunjung. Blog tersebut terkesan mati bila minim pengunjung. Coba Anda bayangkan ketika Anda susah-susah menulis artikel blog namun pengunjungnya cuma 100 viewer per hari. Pasti Anda merasa kesal, jengkel, dan sakit hati kan?? :D Itu sama seperti saya dulu ketika baru mulai ngeblog. Kalau baru permulaan itu wajar pengunjungnya cuma 100 - 200 viewer per hari. Nah, terus bagaimana kalau umur blog sudah lama namun trafik pengunjungnya tidak naik secara signifikan?? Jengkel, kesal, dan sakit hati bercampur jadi satu. Hehehe...

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog

Untuk mengurangi kekesalan Anda, saya disini akan membagikan tips cara meningkatkan traffic pengunjung. Tips ini saya rangkum dari beberapa sumber dan juga pengalaman pribadi. Simak baik-baik ulasan berikut ini.

Alamat Domain
Pastikan dalam memilih sebuah alamat domain karakternya tidak terlalu panjang dan usahakan tidak memakai tanda penghubung supaya pengunjung mudah mengingat alamat tersebut untuk mengunjungi blog Anda lain waktu. Jangan lupa hindari penggunakan angka dalam memilih alamat domain karena hal itu terkesan alay/lebai. Saya sarankan pilihlah domain tingkat atas (Top Level Domain) agar lebih mudah diingat misal .com, .net, .id, .co, dan yang terbaru saat ini adalah .xyz. Menurut saya, alamat domain yang bagus terdiri dari 5 sampai dengan 13 karakter. Kalau dikonversikan menjadi kata, karakter tersebut akan membentuk 1 - 3 kata. Kalau lebih dari 3 kata, alamat domainnya terlalu panjang. Alhamdulillah jika hanya terdiri dari 5 - 10 karakter. Itulah penamaan domain yang diidam-idamkan. Intinya carilah nama domain yang simple, sesuai dengan nama Anda atau nama organisasi Anda dan tidak asing ditelinga para netizen.

Pengaturan DNS
Apa itu DNS ?? dan bagaimana cara kerjanya?? DNS merupakan singkatan dari Domain Name System bukan Domain Name Server. Yang artinya sistem yang melayani penamaan alamat domain. Cara kerja DNS yaitu menerjemahkan alamat blog/website ke dalam alamat IP Address atau sebaliknya. IP inilah yang membuat satu komputer (client) dengan komputer lain (server) dapat berkomunikasi. Karena manusia memiliki keterbatasan dalam hal mengingat IP Address maka dari itu dibuatlah DNS supaya kita lebih mudah mengingat alamat domain www.namadomain.com daripada menghafal IP 33.223.201.11 (hanya contoh).

Pengaturan DNS disini harus benar dan sesuai standar blog/website. Blog yang baik alamat domainnya bisa diakses melalui www atau tanpa www supaya para pengunjung tidak kebingungan dalam mengakses. Misalnya alamat detik.com diakses tanpa www maka secara otomatis akan diredirect ke www. Atau bisa juga diredirect ke subdomain lain, contoh ketika pengunjung mengakses namadomain.com kemudian diredirect ke web.namadomain.com. Pengaturan tersebut dapat dilakukan pada DNS Management di control panel registrar Anda.

Blogwalking
Blogwalking adalah suatu cara meningkatkan trafik blog dengan mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan link blog Anda di komentar. Perlu diingat dalam blogwalking tidak hanya sekedar berkomentar lalu meninggalkan link begitu saja karena hal itu tidak disukai oleh pemilik blog yang Anda kunjungi. Usahakan dalam memberi komentar, Anda harus menyesuaikan dengan artikel yang dibahas. Jangan asal berkomentar "nice post gan" atau "artikelnya bagus gan" dan sejenisnya. Hal tersebut membuat pemilik blog berpikiran bahwa Anda hanya menginginkan backlink dari blog mereka tanpa mempertimbangkan artikelnya bermanfaat atau tidak. Maka dari itu mulai sekarang ubah gaya komentar Anda di blog-blog lain. Minimal Anda berikan kritikan disertai saran pada artikelnya, itu pun sudah cukup memberi masukan kepada pemilik blog. Berkat kritikan Anda, pemilik blog jadi tahu kekurangan dari artikel yang mereka buat.

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog

Daftarkan Blog di Webmaster Tools
Webmaster Tools merupakan sebuah tool untuk mendaftarkan blog/website Anda ke search engine supaya artikel Anda mudah dicari. Tambahkan sitemap atau peta situs blog Anda di Webmaster Tools supaya artikelnya diindeks oleh mesin pencari. Proses indeks dari search engine ini memakan waktu cukup lama jadi mohon bersabarlah. Daftarkan juga blog Anda di Webmaster Tools-nya Bing dan Yahoo, jangan cuma dari Google. Saran saya dalam mendaftar di Webmaster Tools usahakan blog Anda terdaftar 2 alamat, yang satu memakai www dan yang satunya lagi tanpa www.

Share Artikel ke Sosial Media
Sekarang kan lagi jamannya sosial media, dikit-dikit update status, upload foto, ngetweet dan lain-lain. Maka dari itu, kesempatan itulah yang dapat kita manfaatkan dengan membagikan link artikel di sosial media. Semakin banyak orang yang melihat link artikel kita, semakin besar pula potensi mereka untuk mengunjungi. Itulah sebabnya mengapa banyak bisnis mengalami peningkatan profit setelah mengoptimalkan sosial media. Jangan lupa tambahkan caption ketika share artikel di sosmed agar orang lain lebih tertarik dengan artikel yang Anda share.

Share Artikel ke Forum
Selain sosial media, forum-forum yang bertebaran di internet juga lagi booming. Sebut saja Forum Detik, Forum Kompas, Forum Republika, Kaskus, dan masih banyak lagi. Di forum-forum tersebut, banyak yang memposting ulang artikel blog pribadi membernya beserta link ke dalam thread mereka. Dengan cara demikian kita bisa mendapatkan backlink gratis dari forum tersebut. Hmm, lumayan kan?? Namun dibalik itu semua ada suatu hal yang harus kita perhatikan yaitu tetap menjaga nama baik di dalam forum, bacalah rules dalam forum sebelum bertindak lebih jauh. Jangan membuat thread yang tidak berguna atau thread yang bisa membuat reputasi Anda tercoreng.

Memasang Iklan di Blog/Website Lain
Untuk tips kali ini Anda harus keluar modal terlebih dahulu. Wajar lah yang namanya usaha pasti memerlukan modal kemudian barulah kita dapat menikmati hasil ketika blog sudah terkenal. Tips kali ini yaitu membujuk teman Anda yang mempunyai blog dengan trafik tinggi untuk memasangkan link Anda ke blognya. Anda bisa memberikan imbalan berupa sejumlah uang ataupun traktiran makan supaya dia mau memasang link Anda. Bentuk linknya terserah, bisa berupa banner ataupun backlink di dalam postingan. Anda juga bisa membayar orang lain yang belum dikenal untuk menampilkan iklan Anda di situs mereka.

5 komentar untuk "Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog"

  1. Selamat Pagi Kharisma Adzana.mau tanya untuk backlink sebaiknya dilakukan tiap hari berapa kali.ada aturanya tidak.terima kasih.bahagia selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau cari backlink jangan tiap hari, kurang lebihnya 2 atau 3 kali dalam seminggu. terus kalau meninggalkan komentar di postingan web/blog orang lain, backlinknya jangan terlalu banyak kurang lebih 1 - 3 backlink aja.

      Hapus
  2. Mas kalo mnggunkan backlik setiap hari apakah nantinya bisa mengakibatkan pinalti....

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau keseringan mencari backlink di komentar, si admin menganggap komentar tersebut adalah spam dan juga tidak baik untuk SEO :)

      Hapus