Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memasang Aplikasi UGet di Linux Turunan Ubuntu

Ketika asyik berselancar di internet, dalam beberapa kesempatan pastinya para warganet melakukan aktivitas pengunduhan file. Jenis file yang diunduhnya pun bermacam-macam, ada file dokumen, file executable, file video, file audio, dan lain-lain. Untuk file berukuran kecil saya rasa tak perlu memerlukan bantuan aplikasi pihak ketiga agar kecepatan unduhnya bisa meningkatkan. Akan tetapi jika file yang diunduh kebanyakan berukuran sedang sampai besar, maka perlu sebuah aplikasi tambahan untuk meningkatkan performa pengunduhan file dan memudahkan pengguna melakukan manajemen.

UGet Integration

Kalau di sistem operasi Windows, aplikasi ketiga yang dimaksud itu biasanya IDM. Singkatan dari Internet Download Manager. Sedangkan pada sistem operasi linux khususnya linux turunan Ubuntu, saya memutuskan untuk memilih aplikasi UGet sebagai pengganti IDM. Kenapa begitu? Ya karena selain tampilannya user friendly, aplikasi ini juga memiliki fitur pengkategorian jenis file yang diunduh, misal kategori satu dinamakan "File ISO" dan kategori dua dinamakan "File Film" di mana tiap kategorinya bisa diatur jumlah unduhan yang aktif atau sedang berjalan.

Apalagi penggunaannya tidak dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Tentunya aplikasi  ini layak dicoba untuk mengurangi ketergantungan memakai aplikasi bajakan. Adapun cara pemasangannya juga tidak terlalu ribet. Silakan ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut...
- Salin perintah ini

sudo add-apt-repository ppa:plushuang-tw/uget-stable

- Lalu pastekan di Terminal
- Kemudian ketik perintah

sudo apt update

- Tunggu sampai prosesnya selesai
- Setelah itu ketikkan perintah

sudo apt install uget

- Tunggu lagi sampai prosesnya selesai

Sampai di sini tahap pemasangan aplikasi UGet kita anggap selesai tanpa adanya error. Jika mengalami error silakan bertanya di kolom komentar, sertakan juga screenshot errornya. Dan untuk tahap selanjutnya kita harus mengintegrasikan aplikasi ini ke Google Chrome (browser populer) agar ketika pengguna mengklik tautan unduhan file aplikasi UGet otomatis memunculkan jendela pop up seperti IDM.

- Salin dan jalankan perintah berikut ini satu per satu di Terminal

sudo add-apt-repository ppa:uget-team/ppa
sudo apt update
sudo apt install uget-integrator

Selanjutnya kita harus memasang ekstensi UGet Integration di Google Chrome. Silakan kunjungi situs Chrome Web Store dan ketikkan kata kunci "uget integration". Lalu pasang ekstensinya.

Selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "Cara Memasang Aplikasi UGet di Linux Turunan Ubuntu"