Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Download eBook PDF di Google Play Books

Google Play Books?? Apa sih kegunaannya? Mungkin sebagian dari pembaca blog ini ada yang belum pernah menggunakan aplikasi bawaan Google tersebut dikarenakan lebih menyukai membaca buku fisik daripada buku digital (ebook). Nah, kegunaan aplikasi Google Play Books ini untuk menyimpan koleksi buku yang berformat EPUB dan PDF. Anda juga bisa membacanya melalui aplikasi ini asalkan terhubung ke internet.

Kalau Anda mempunyai koleksi buku di Google Play Books yang berasal dari Play Store dan ingin membacanya secara offline, Anda harus mengunduh filenya dalam bentuk PDF. Cara mengunduhnya pun harus melalui beberapa tahap supaya buku digital yang Anda unduh dapat dibuka.

Adapun tahapan untuk mengunduh bukunya ialah sebagai berikut:

- Siapkan aplikasi Adobe Digital Editions dan PDF ePub DRM Removal
Aplikasi Adobe Digital Editions wajib dipasang pada komputer Anda untuk mengkonversi file ACSM (Adobe Content Server Message) menjadi file PDF. Sedangkan aplikasi PDF ePub DRM Removal berfungsi untuk menghapus enkripsi pada file PDF hasil konversi. Jadi, setelah melalui proses konversi menggunakan Adobe Digital Editions, file PDF-nya belum bisa dibuka karena dienkripsi. Untuk menghapus enkripsinya, maka memakai aplikasi PDF ePub DRM Removal.

- Mengunduh file bukunya di Google Play Books
Setelah menyiapkan kedua aplikasi tersebut, barulah Anda mengunduh file buku yang diinginkan melalui Google Play Books via desktop. Silakan akses ke https://play.google.com/books.

Cara Download eBook PDF di Google Play Books

Jika ada dua opsi untuk mengunduh buku digitalnya maka pilihlah opsi "Download PDF". Selanjutnya akan muncul jendela explorer untuk memilih lokasi penyimpanan file ACSM, kemudian bukalah file tersebut dengan catatan aplikasi Adobe Digital Editions sudah dipasang. Ketika aplikasi terbuka, secara otomatis akan mengunduh konten-konten file ACSM dan mengubahnya menjadi file PDF. File PDF hasil konversi dapat ditemukan pada direktori/folder "Documents\My Digital Editions". Setelah itu buka aplikasi PDF ePub DRM Removal cari file PDF hasil konversi tadi di folder "Documents\My Digital Editions".

Cara Download eBook PDF di Google Play Books

Aplikasi PDF ePub DRM Removal secara otomatis akan menghapus enkripsi DRM yang ada di file PDF hasil konversi. Penghapusan ini tidak memerlukan waktu lama. Jika proses pendeskripsian selesai, muncul pesan notifikasi seperti gambar di atas. File PDF yang telah sukses dideskripsi dapat Anda temukan di folder "Documents\PDF ePub DRM Removal".

Selamat mencoba :)

Posting Komentar untuk "Cara Download eBook PDF di Google Play Books"