Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulasan Singkat Mengenai GO-PAY, OVO, DANA, dan LinkAja

Siapa sangka, perkembangan teknologi khususnya di sektor finansial mengalami perubahan signifikan. Sehingga mau tak mau sebagai generasi milenial harus mengikuti perkembangan tersebut. Salah satu contohnya terdapat pada metode pembayaran transaksi, yang semula mengandalkan uang tunai maupun transfer bank, sekarang beralih ke pembayaran cashless. Mungkin terdengar asing menurut sebagian orang termasuk generasi sebelum kita, namun beberapa orang dewasa sudah memahami pembayaran cashless dan mampu menggunakannya.

Lantas apa itu sebenarnya pembayaran cashless? Secara harfiah, pembayaran cashless merupakan metode pembayaran transaksi tanpa menggunakan uang tunai (fisik) yang menawarkan kepraktisan dengan beragam promo menarik. Metode pembayaran ini diperantarai oleh aplikasi dompet digital / e-wallet / dompet elektronik yang berisi sejumlah nominal mata uang. Berhubung mata uang negara kita Indonesia memakai Rupiah, maka mata uang dompet digital tersebut juga berupa Rupiah (Rp).

Pembayaran Cashless

Karena kepraktisannya, banyak orang yang lebih memilih pembayaran cashless daripada tunai. Khususnya generasi muda masa kini. Tak menutup kemungkinan generasi sebelum kita seperti kakak, om, tante, maupun orang tua kita sendiri juga turut menggunakan. Menurut survei dari berbagai sumber, aplikasi dompet digital yang paling banyak diminati untuk pembayaran cashless diantaranya GO-PAY, OVO, DANA, dan LinkAja.

Keempat aplikasi itu menduduki peringkat terpopuler berdasarkan intensitas penggunaan. Adapun fitur-fiturnya akan kita bahas di sini sekaligus mengulas secara singkat latar belakang aplikasi tersebut. Langsung saja, berikut ini ulasannya:

1. GO-PAY
GO-PAY merupakan dompet digital buatan PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa yang juga menaungi salah satu aplikasi ojek online terpopuler yaitu GOJEK. Dompet digital ini sudah terintegrasi di dalam aplikasi GOJEK, sehingga sekali mengunduh GOJEK otomatis mendapatkan GO-PAY. Adapun saldo pada GO-PAY bisa kita gunakan untuk membayar berbagai transaksi seperti GO-RIDE, GO-CAR, GO-FOOD, GO-SEND, GO-PULSA, voucher game online, voucher WiFi.ID, dan transaksi lain di merchant rekanan GOJEK.

Silakan lihat daftarnya melalui link berikut: https://s.id/merchantgojek. Selain itu, GO-PAY juga bisa kita pakai untuk membayar tagihan PDAM, PLN, BPJS Kesehatan, IndiHome, Biznet, MNC Vision, Okevision, maupun TOP TV. Untuk dapat menggunakan GO-PAY kita harus mengisi saldo (top up) terlebih dahulu via Driver GO-JEK, BCA One-Klik, Minimarket atau Pegadaian, ATM, Mobile Banking, Internet Banking, serta SMS Banking.

2. OVO
Selain GO-PAY, adapula OVO yang juga termasuk aplikasi dompet digital milik Lippo Group di bawah naungan PT. Visionet Data Internasional. Aplikasi ini seringkali dipakai oleh pengguna untuk membayar jasa Grab Bike, Grab Food, maupun Grab Car. Tak jarang pula OVO dipilih pengguna sebagai metode pembayaran transaksi di Tokopedia, karena saat ini OVO resmi bekerja sama dengan marketplace tersebut. Melalui aplikasi OVO kita dapat melakukan pembayaran tagihan PLN, Big TV, maupun First Media.

Lain halnya itu, OVO juga bekerja sama dengan berbagai merchant restoran dan supermarket terkenal seperti Matahari Department Store, Hypermart, Maxx Coffee, Lippo Plaza, HokBen, Kopi Kenangan, Roti O, dan masih banyak lagi. Sama seperti GO-PAY, kita diwajibkan top up agar bisa menggunakan OVO.

3. DANA
Setelah GO-PAY dan OVO, aplikasi DANA layak mendapat predikat dompet digital paling banyak diminati oleh pengguna. Predikat tersebut bukan main-main, hal ini dikarenakan DANA menjalin kerja sama dengan salah satu marketplace terbesar di Indonesia yaitu BukaLapak. Adanya kerja sama dua perusahaan ini mampu mendongkrak popularitas DANA di tengah masyarakat, sehingga keunggulannya semakin banyak yang tahu.

Dalam operasionalnya, aplikasi buatan PT. Espay Debit Indonesia Koe ini juga berkolaborasi dengan Lazada maupun TIX ID supaya lebih memudahkan proses transaksi pengguna. Selain itu, terdapat pula fitur Zakat & Donasi yang menjadi daya tarik untuk memikat para dermawan. Fitur-fitur lainnya bisa Anda lihat di aplikasi DANA, silakan dicoba sendiri.

4. LinkAja
Berikutnya kita bahas aplikasi LinkAja, yang dikembangkan oleh PT. Fintek Karya Nusantara sekaligus anak usaha dari PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel). Sebelum bermetamorfosis menjadi LinkAja, dulunya aplikasi ini bernama TCASH, milik Telkomsel. Seiring berjalannya waktu, kemudian Telkomsel bekerja sama dengan tujuh Badan Usaha Milik Negara (BUMN), diantaranya sebagai berikut:

- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk,
- PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
- PT Bank Mandiri (Persero) Tbk,
- PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk,
- PT Pertamina (Persero),
- PT Asuransi Jiwasraya (Persero),
- PT Danareksa (Persero).

Dikutip dari halaman Tech in Asia Indonesia, pada hari peluncurannya Menteri BUMN Rini Soemarno menyebutkan bahwa salah satu fungsi LinkAja adalah untuk mendorong peningkatan inklusi keuangan dan menyukseskan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Diharapkan aplikasi ini dapat bersanding dengan para pendahulunya (GO-PAY, OVO, dan DANA) serta memberikan solusi pembayaran efektif.

Tentu hal ini menjadi angin segar bagi pengguna khususnya penggemar game online, karena aplikasi LinkAja menawarkan lebih banyak pilihan voucher. Tak dipungkiri lagi bahwa koneksi internet telah bertransformasi menjadi kebutuhan pokok untuk sebagian besar kalangan. Maka dari itu, LinkAja juga dapat digunakan sebagai alat pembayaran tagihan TV Kabel & Internet, serta transaksi pembelian voucher WiFi.ID. Untuk fitur-fitur lainnya kurang lebih sama dengan aplikasi lain, yakni pembelian pulsa, paket data, pembayaran listrik atau air, pajak, dan juga asuransi atau kredit.

Demikianlah ulasan singkat mengenai keempat aplikasi tersebut. Semoga ulasan ini dapat membantu dalam pemilihan aplikasi yang cocok untuk Anda. Pilihan terakhir saya serahkan sepenuhnya kepada pembaca sekalian. Silakan dicoba-coba sendiri aplikasinya.

Posting Komentar untuk "Ulasan Singkat Mengenai GO-PAY, OVO, DANA, dan LinkAja"