Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Beli MiFi atau Pasang WiFi?

Perlu digaris bawahi bahwa pengertian mifi dengan wifi itu berbeda. Adapun mengenai mifi (modem wifi) sendiri merupakan sebuah perangkat portable yang dapat memancarkan gelombang radio. Gelombang tersebut berfungsi sebagai media untuk pengiriman dan penerimaan data. Sedangkan pengertian wifi ialah sebuah teknologi masa kini yang memanfaatkan gelombang radio untuk menghubungkan dua perangkat atau lebih agar dapat bertukar informasi.

Sampai di sini paham kan? Oke, kalau sudah paham mari kita lanjutkan.

Kenapa judul artikel ini "Pilih Beli MiFi atau Pasang WiFi?" Bukankah mifi dengan wifi itu berbeda? Pada penjelasan di atas mifi kita persepsikan sebagai perangkatnya, sedangkan wifi itu adalah nama teknologinya. Mungkin Anda bertanya-tanya, masa kita memasang "nama teknologi"? Seharusnya yang dipasang itu adalah perangkatnya kan? Dalam hal ini saya menyesuaikan persepsi dari warga Indonesia. Penduduk Indonesia memaknai pemasangan wifi sebagai pemasangan perangkat yang memancarkan gelombang radio.

Beli MiFi atau Pasang WiFi
Contoh Perangkat WiFi (Wireless Access Point atau Wireless Router)
Sehingga memasang wifi pengertiannya sama dengan memasang perangkat wifi. Perangkat tersebut tidak bisa dipindah-pindah seenaknya. Karena sebelum proses pemasangannya, pasti kita ditanya oleh teknisi provider "mau dipasang di mana wifinya?" Jadi, perbedaan antara mifi dengan pasang wifi letaknya sudah jelas, yaitu ditinjau dari segi fleksibilitas.

Nah, mengenai pemilihan "beli mifi atau pasang wifi" menurut saya disesuaikan pada kebutuhan masing-masing pengguna. Apabila Anda tergolong pekerja dengan mobilitas tinggi, sering pergi keluar kota, dan butuh koneksi internet sewaktu-waktu maka perangkat mifi wajib tersedia di tas kesayangan Anda. Sedangkan bila Anda termasuk pelajar atau mahasiswa, pekerja kantoran, pengusaha / pebisnis, maupun pedagang yang membutuhkan koneksi internet di rumah / kantor / tempat usaha Anda, opsi yang paling tepat yaitu memasang wifi.

Contoh MiFi (Modem WiFi) Merek Huawei
Jadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa sebelum mengambil keputusan, perhatikan baik-baik produktivitas kita. Apakah produktivitas kita sehari-hari benar-benar membutuhkan koneksi internet yang bisa di bawa ke mana-mana? Atau cukup internetan di rumah / kantor? Yang tahu jawabannya hanya Anda. Silakan pertimbangkan baik-baik.

Posting Komentar untuk "Pilih Beli MiFi atau Pasang WiFi?"