Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Yang Wajib Anda Install di Ubuntu

Tidak dipungkiri lagi bahwa penggunaan linux dari tahun ke tahun semakin meningkat drastis. Hal itu terjadi karena adanya sosialisasi dan seminar tentang software open source. Dengan memakai software open source, kita bisa melakukan kegiatan apapun tanpa dipungut biaya dan tak perlu khawatir kalau ada razia software bajakan. Begitu pun dengan Ubuntu, Ubuntu termasuk sistem operasi berbasis open source. Untuk mendapatkan file ISO-nya cukup dengan mendownload melalui  alamat www.ubuntu.com/download atau bisa juga mengcopy dari teman yang sudah download. Namanya juga open source, semua serba bebas dan gratis.

Perlu Anda ketahui, Ubuntu sendiri merupakan linux turunan Debian dan bisa digunakan di laptop, desktop, server, maupun perangkat mobile. OS ini pertama kali diluncurkan ke publik pada tahun 2004 oleh Mark Shuttleworth pemilik perusahaan Canonical Ltd yang membentuk suatu grup open source dengan tujuan membuat distro baru berbasis Debian. Sejak pertama kali diluncurkan, sebanyak lebih dari 12.000 orang telah mencoba Ubuntu dan angka tersebut terus melonjak dari tahun ke tahun hingga akhirnya menjadikan Ubuntu sebagai distro linux terpopuler di dunia. Nah karena saking populernya, tidak sedikit loh orang awam yang tertarik menggunakan Ubuntu. Pada awalnya sih memang agak susah, tergantung kitanya aja mau nggak mempelajari Ubuntu. Kalau mau alhamdulillah, kalau nggak mau ya sudah pengetahuan tentang Ubuntu tidak akan berkembang.
 
Aplikasi Yang Wajib Anda Install di Ubuntu

Oh ya ngomong-ngomong, pernahkah Anda menginstall Ubuntu?? Kalau pernah, aplikasi apa saja yang Anda install?? Mungkin bagi beberapa orang tentunya sudah paham aplikasi apa saja yang wajib diinstall di OS tersebut. Tapi bagaimana dengan nasib pengguna baru? Nah, pada postingan kali ini saya akan mencoba menjelaskan tentang daftar aplikasi yang wajib diinstall di Ubuntu. Berikut ini penjelasannya.

- Chromium Web Browser
Browser ini wajib diinstall untuk jaga-jaga apabila terjadi error pada Firefox. Berkat keringanan dan kecepatannya, Chromium menjadi salah satu browser terfavorit bagi pengguna linux khususnya Ubuntu. Cara menginstallnya pun cukup mudah. Bisa dari Ubuntu Software Center dan juga bisa lewat terminal. Untuk cara install lewat Ubuntu Software Center cukup ketikkan "chromium" di kotak pencarian, lalu enter. Kemudian klik pada Chromium Web Browser dan klik Install. Sedangkan cara install lewat terminal bisa memakai perintah "sudo apt-get install chromium-browser".

- VLC Media Player
VLC Media Player merupakan salah satu aplikasi pemutar film/video yang terpopuler di kalangan pengguna linux maupun windows. Anda tidak akan rugi jika menginstall VLC karena keunggulan dari aplikasi ini lumayan banyak. Diantaranya yaitu mendukung semua format file audio video, dapat memutar file musik, dapat mengkonversi file audio maupun video, support streaming online, dan masih banyak lagi. Untuk pengguna Ubuntu yang ingin mencobanya, cukup ketikkan perintah "sudo apt-get install vlc" di terminal. Perintah tersebut juga berlaku untuk linux berbasis Debian atau turunan dari Ubuntu seperti Linux Mint, Zorin OS, ElementaryOS, dll.

- Ubuntu Restricted Extras
Di Ubuntu Restricted Extras terdapat beberapa paket plugin yang berfungsi untuk memutar file audio video dan menjalankan animasi flash. Kalau tidak diinstall maka tidak dapat memutar beberapa file musik atau film dan ketika mengakses halaman web yang memakai animasi flash, animasi tersebut tidak akan tampil. Nah, cara installnya pun cukup simple. Ketikkan "sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras" di terminal.

- Audacious (Aplikasi Pemutar Musik)
Sebenarnya di Ubuntu sudah ada aplikasi pemutar musik bawaan yang bernama Rhythmbox. Namun terkadang aplikasi tersebut mengalami error saat pertama kali dijalankan setelah login di Ubuntu. Sebagai alternatifnya cobalah aplikasi Audacious. Di Audacious manajemen playlistnya lebih user friendly dan pengguna sangat dimudahkan memakai fitur-fitur yang ada di aplikasi ini. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba aplikasi ini cukup ketikkan "sudo apt-get install audacious" di terminal.

- Cairo Dock
Dari namanya saja terdengar tidak asing lagi kalau fungsi dari Cairo Dock mirip seperti dock di Mac OS X milik Apple. Mungkin menurut beberapa orang fungsi Cairo Dock tidak begitu penting. Akan tetapi menurut saya aplikasi ini wajib diinstall di Ubuntu karena bisa digunakan sebagai jalur alternatif untuk mengakses file atau aplikasi tertentu dan juga untuk mempercantik tampilan desktop. Cara installnya cukup mudah, buka terminal lalu ketikkan "sudo apt-get install cairo-dock".

- WPS Office
Seperti LibreOffice, aplikasi WPS Office juga berfungsi untuk membuat maupun mengedit file dokumen, powerpoint, dan excel. Di Ubuntu, LibreOffice termasuk aplikasi preinstalled atau aplikasi yang sudah terpasang otomatis. Namun menurut beberapa sumber, fitur-fitur di Libre Office tidak sekomplit di WPS Office. Daripada penasaran apakah sumber tersebut benar atau tidak langsung saja download paket WPS Office-nya melalui alamat http://wps-community.org/downloads. Pilihlah paket yang berekstensi .deb karena Ubuntu termasuk turunan Debian. Jika proses downloadnya selesai, copy file .deb tadi ke home directory contoh /home/kharisma. Lalu buka terminal dan ketikkan perintah "sudo dpkg -i namafile.deb". Sesuaikan dengan nama file paket WPS Office-nya yang ada di home directory Anda.

Posting Komentar untuk "Aplikasi Yang Wajib Anda Install di Ubuntu"