Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To

Dalam kehidupan sehari-hari, tentu kita tak mungkin lepas dari yang namanya internet. Keterkaitan kita dengan internet mayoritas dikarenakan tuntutan pekerjaan maupun pendidikan sekaligus faktor utama kelancaran komunikasi dengan keluarga, saudara, teman, pacar, dan juga sahabat. Internet saat ini telah bertransformasi menjadi kebutuhan bagi generasi muda dan tua untuk mendapatkan informasi ataupun keperluan bisnis. Dengan adanya internet, beberapa kebutuhan dan keinginan kita sebagian terpenuhi. Namun terlepas dari semua itu, tentu kita menyadari bahwa dalam berlangganan internet pada provider tertentu, pasti tak asing lagi dengan istilah bandwidth atau setidaknya sekilas mendengar istilah tersebut.

Lantas apa pentingnya bandwidth bagi kelancaran koneksi internet? Nah, ini bagian yang menarik. Bandwidth itu penting, bahkan sangat penting. Besar kecilnya bandwidth memengaruhi cepat lambatnya pengiriman data dari server ke komputer client atau sebaliknya. Bandwidth merupakan besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah jaringan atau disebut juga lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Dapat juga dianalogikan seperti jalan. Lebar sempitnya jalan memengaruhi laju kendaraan. Semakin sempit jalan yang dilalui maka laju kendaraan juga menyesuaikan kondisi jalan tersebut.

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To

Berdasarkan analogi ini dapat disimpulkan bahwa semakin kecil bandwidth dari provider maka proses pemuatan halaman website/blog juga semakin lama. Berlaku pula kebalikannya. Sedangkan dalam pembagian jenisnya, seringkali disebut bandwidth up to (shared) dan bandwidth dedicated. Adapun penjelasan mengenai kedua jenis bandwidth tersebut dapat dipahami seperti ini:

Paket Internet Up To
Pengertian kecepatan up to merupakan kecepatan internet maksimal yang ditawarkan. Namun terkadang pada kenyataannya tidak sampai kecepatan tersebut. Misal suatu ISP menawarkan kecepatan internet up to 10 Mbps, maka kecepatan maksimalnya sekitar 10 Mbps dan pada kenyataannya terkadang cuma sampai 8 atau 9 Mbps. Walaupun demikian, harga paketnya relatif murah.

Paket Internet Dedicated
Lain halnya internet dedicated, pada paket ini kecepatan internetnya murni sesuai yang ditawarkan. Antara kecepatan download dan upload itu sama. Sebagai contoh suatu ISP menawarkan kecepatan internet dedicated 10 Mbps, dari informasi tersebut dapat dipahami bahwa kecepatan download dan uploadnya itu sekitar 10 Mbps. Namun, yang menjadi persoalan ialah harga paket internet dedicated jauh lebih mahal daripada paket up to. Hal ini dikarenakan kecepatan internet dan layanannya terjamin.

13 komentar untuk " Perbedaan Internet Dedicated dan Up To"

  1. bermanfaat bgt,
    terimakasih ats informasinya,.
    izin share

    BalasHapus
  2. Beritanya bermanfaat gan. Saya tunggu berita selanjutnya

    BalasHapus
  3. terima kasih atas artikelnya,
    mencerahkan buat orang awam seperti saya yang kurang paham mengenai perbedaan bandwith ini

    BalasHapus
  4. baru tahu saya perbedaannya, maklum newbie

    BalasHapus
  5. trimakasih info nya gan

    BalasHapus
  6. trimakasih info nya gan, boleh saya tanya lagi gan?... kalo istilah FUP apaan ya gan?... thx

    BalasHapus
  7. Tmbahan,
    Dedicated biasa nya di jamin sma SLA,
    rata2 jaminan nya itu 98-99.8% tergantung ISP nya.
    karna ada jaminan itu harga naik bisa 10x lipat nya Up To..

    BalasHapus