Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Bisnis Toko Komputer


ABSTRAK

Karya ilmiah ini menjelaskan tentang peluang usaha bisnis toko komputer. Dimana bisnis toko komputer sangat menjanjikan untuk peluang bisnis beberapa tahun kedepan. Sebelum mengenal lebih jauh tentang toko komputer, terlebih dulu kita definisikan apa itu toko komputer, apakah sebuah toko yang hanya menjual komputer saja?? Saya berpendapat tidak, karena toko komputer yang saya rencanakan ini akan melayani segala hal yang berhubungan dengan komputer misalnya penjualan laptop, service, perakitan, penjualan accesories, troubleshooting komputer, dan masih banyak lagi. Pesatnya perkembangan teknologi dan kebutuhan orang akan komputer menjadi alasan bagi saya untuk membuat karya ilmiah tentang Peluang Bisnis Toko Komputer. Sekarang ini banyak orang yang membutuhkan komputer/laptop untuk mendukung kegiatan mereka di sekolah, di kantor, maupun di kampus. Bahkan ada juga sekolah yang mewajibkan siswanya untuk mempunyai laptop supaya tidak mengganggu teman lainnya yang sedang mengerjakan tugas. Pun begitu, membangun sebuah  toko komputer menurut saya bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan biaya modalnya tidak terlalu besar. Yang terpenting bagi saya adalah paham tentang dasar komputer baik hardware maupun softwarenya. Itu pun sudah cukup untuk membuka toko komputer.

ISI

Peluang usaha toko komputer sangat menjanjikan karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini membuat orang semakin merasa membutuhkan Komputer. Komputer sudah menjadi barang wajib bagi kebanyakan orang untuk mendukung kegiatan mereka. Di mana pun dan kapan pun pasti kita kerap melihat orang mengoperasikan komputer baik komputer desktop maupun komputer jinjing (laptop). Untuk membuka toko komputer, ada beberapa hal yang harus diperhatikan misalnya sebagai berikut.

Pemilihan Tempat Bisnis
Dalam pemilihan tempat bisnis, Anda harus mempertimbangkan kompetitor Anda. Periksa dulu apakah ada toko komputer lain di daerah yang sama yang memiliki produk dan layanan yang sama atau tidak. Cara terbaik untuk memulai bisnis toko komputer yaitu pemilihan lokasi yang tidak memiliki persaingan dan usahakan lokasi toko Anda berada di tempat strategis.

Perizinan
Dapatkan izin yang diperlukan. Ini diperlukan agar Anda dapat beroperasi secara legal dan tentunya Anda juga bisa berbisnis dengan tenang karena telah memiliki izin dari daerah setempat. Dapatkan pula dokumen yang Anda butuhkan sebelum membuka bisnis.

Pemilihan Nama Toko
Pilihlah nama untuk toko Anda yang mudah diingat di benak pelanggan. Pilih nama yang berbeda dari sejumlah nama dan pastikan bahwa Anda adalah satu-satunya yang memiliki nama itu.

Media Promosi
Promosikan toko Anda dan beritahu teman serta keluarga tentang toko komputer yang Anda miliki sehingga mereka dapat menyebarkan berita ke orang lain. Anda juga dapat beriklan di koran lokal, papan buletin, posting di jejaring sosial atau bahkan memberikan selebaran di jalan-jalan.

Peningkatan Mutu dan Pelayanan
Ketika bisnis sudah berjalan, maka alangkah baiknya menambahkan lebih banyak produk toko Anda di bagian hardware, aksesoris ataupun software. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bagian di mana pelanggan bisa melihat produk Anda secara realtime misalnya membuat website toko komputer yang Anda dirikan.

REFERENSI

http://www.tipswirausaha.com/post/read/148/tips-membuka-toko-komputer.html
http://jayaweb.com/artikel/peluang-usaha/139-modal-utama-membuka-toko-komputer.html
https://goldenadi.wordpress.com/2013/07/03/bagaimana-cara-membuka-toko-komputer

Untuk melihat file PDF-nya silahkan klik URL berikut http://goo.gl/S7HgQE

3 komentar untuk "Peluang Bisnis Toko Komputer"

  1. pertamax gan! infonya memberi inspirasi saya, ditunggu kunjungan balik juga ke jahegebuk.blogspot.com. makasih..

    BalasHapus
  2. Terimakasih informasinya dari artikel anda, tentang Peluang Usaha Toko Komputer berikut artikel yang terkait tersebut di CARA DAN BISNIS PLAN TOKO KOMPUTER SAAT INI

    NB: Mohon tolong admin untuk di approve komentar saya ini bukan spam saya ketik sendiri komentarnya, kita saling membantu saja...kalau tidak ada dirugiakan apa salahnya saling membantu, untuk kepentingan Seo dan kepentingan pengunjung blog anda mendapatkan informasi yang terkait terimakasih admin

    BalasHapus