Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha Bisnis Membuka WARNET


ABSTRAK

Karya ilmiah ini menjelaskan tentang peluang usaha bisnis warnet. Dimana bisnis warnet masih sangat menjanjikan untuk peluang bisnis beberapa tahun kedepan di Indonesia. Sebelum melangkah melangkah lebih jauh ke bisnis warnet, terlebih dulu kita artikan apa itu warnet, Warnet adalah warung internet. Sebuah warung yang menjajakan tempat untuk berinternet, baik tempat untuk browsing maupun tempat untuk game online. Pesatnya perkembangan dan kebutuhan orang akan Internet membuka peluang tersendiri bagi seseorang yang ingin mencoba berusaha di bidang ini. Membangun   sebuah   warung   internet   (warnet)   bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha warnet adalah bentuk usaha yang mudah dijalankan, nggak perlu nunggu pinter seluk beluk komputer terlebih dahulu sekalipun hal tersebut perlu juga anda pelajari untuk menjaga hal yang tidak di inginkan pada usaha warnet anda. Memulai usaha warnet hanya cukup dengan membeli beberapa buah komputer, merangkai komputer tsb dalam satu jaringan, lalu di install program yang dibutuhkan, maka jadilah usaha warnet.

ISI

Peluang usaha warnet masih sangat menjanjikan. karena perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dewasa ini membuat orang semakin merasa membutuhkan Internet.Internet dapat membuat yang jauh terasa dekat. Di mana pun dan kapan pun setiap orang dapat dengan mudah terhubungkan dengan orang lain di tempat mana pun di dunia ini.Pesatnya perkembangan dan kebutuhan orang akan Internet membuka peluang tersendiri bagi Anda yang ingin mencoba berusaha di bidang ini. Membangun sebuah warung internet (warnet) bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Usaha warnet sebenarnya tidak rumit, usaha ini cukup mudah didirikan.Yang dibutuhkan hanyalah beberapa unit komputer, software untuk menjalankannya, jaringan komputer yang menghubungkan antara satu komputer dengan yang lainnya,  serta  tentu  saja  koneksi  internet.Konsumen  sasaran  Anda  adalah  semua kalangan, terutama kalangaanak  muda  yang aktif menggunakan internet, misalnya untuk membuka Facebook, mengecek e-mail, chatting, dan lain sebagainya. Hal hal dibawah ini merupakan hal penting yang harus anda perhatikan jika ingin memulai bisnis usaha warnet yang sekarang ini banyak diminati entrepreneur di Indonesia.

- Lokasi

Lokasi mempunyai peranan penting dalam bisnis ini. Lokasi yang bisa dikatakan strategis untuk bisnis  ini  adalah  daerah  yang dekat  dengan  sekolah/kampus  ataupun  dekat  dengan  pusat keramaian.Banyak orang yang beranggapan bahwa lokasi yang dekat dengan kegiatan mahasiswa akan menguntungkan bagi usaha warnet. Sedangkan alternatif pengunjung lain adalah pekerja. Namun, segmen ini sepertinya masih lebih rendah jika dibandingkan dengan pelajar/mahasiswa. Yang pasti, lokasi dapat menjadi tolak ukur keberhasilan usaha warnet ini.

- Komputer

Komputer yang akan digunakan untuk usaha ini tidak perlu berspesifikasi terlalu tinggi. Karena, biasanya orang datang ke warnet untuk sekedar browsing atau chatting. Jadi, carilah komputer yang layak namun tidak terlalu mahal. Jumlah komputer yang banyak dapat menghindarkan pengunjung dari menunggu terlalu lama untuk mendapatkan giliran menggunakan komputer. Jika pengunjung harus menunggu lama, biasanya mereka enggan untuk kembali lagi.

- Jaringan

Jaringan yang biasanya digunakan untuk Internet menggunakan topografi jaringan tipe STAR dan network-nya menggunakan LAN (Lokal Area Network). Beberapa peralatan standar yang dibutuhkan biasanya adalah hub atau switch hub, router (biasanya menggunakan 1 komputer), serta kabel network (sebaiknya menyediakan 1 rol untuk persiapan atau penggantian kabel nantinya)kemudian  dibutuhkan  pula  ethernet  card  atau  disebut  juga  LAN  card  serta konektor (RG 45).

- Biaya Listrik

Penggunaan listrik untuk sebuah warnet ditentukan dari seberapa besar kebutuhan daya listriknya. Biaya listrik tersebut biasanya ditentukan oleh pemakaian komputer yang tersedia. Untuk 10 komputer, daya listrik yang dibutuhkan biasanya sekitar 6.600 watt. Perkiraan biaya listrik untuk daya sebesar itu biasanya berada di kisaran Rp.900.000 s.d Rp.1.500.000,- per bulannya.

- Biaya Koneksi Internet

Pilihan  koneksi internet  sangat  beragam  dan  bergantung pada bandwidth,  media koneksi, kualitas, dan lain sebagainya. Akan lebih baik jika Anda menentukan terlebih dahulu kebutuhan bandwidth sebelum berbicara masalah biaya koneksi. Untuk mengetahui berapa biaya koneksi, dapat dilihat pada beberapa ISP yang ada di Indonesia.

- Kunci Sukses

Warnet Anda harus nyaman dari semua aspek, mulai dari ruangan, kursi, layanan, dan juga spesifikasi komputer yang tersedia. Untuk ruangan, sebaiknya menggunakan AC, karena meskipun hanya duduk untuk browsing ataupun chatting, pelanggan tetap membutuhkan kenyamanan. Untuk layanan, Anda dapat menyediakan berbagai makanan ringan dan minuman yang bisa dipesan sewaktu-waktu oleh pelanggan.

REFERENSI

http://www.caripeluangusaha.com/peluang-usaha-warnet/
http://usahawarnetmurah.com/usaha-warnet-browsing-masih-menguntungkan.html
http://www.peluangusaha.web.id/2011/03/peluang-usaha-warnet-game-center.html

Link Download File PDF http://goo.gl/rDDise

Posting Komentar untuk "Usaha Bisnis Membuka WARNET"